SOLOPOS.COM - Para komisioner Bawaslu Kota Semarang saat menggelar rapat membahas kampung pengawasan di kantornya, Rabu (16/10/2019). (Semarangpos.com-Imam Yuda S.)

Solopos.com, SEMARANG — Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Semarang membentuk kelurahan pengawasan guna menggugah kesadaran masyarakat untuk aktif terlibat dalam pengawasan Pilkada atau Pilwalkot 2020.

Ketiga kelurahan yang disematkan sebagai keluarahan pengawasan itu, yakni Kelurahan Kandri di Kecamatan Gunungpati, Kelurahan Tandang Kecamatan Tembalang, dan Kelurahan Mangkang Kecamatan Tugu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Kota Semarang, Nining Susanti, mengatakan tujuan kelurahan pengawasan tak lain untuk menggandeng masyarakat agar mau memberikan informasi secara aktif pada  pelaksanaan Pilwalkot 2020.

“Melalui program ini diharapkan masyarakat jadi lebih berani melakukan pencegahan terhadap dugaan pelanggaran di wilayahnya. Selain itu, program ini diharap mampu meningkatkan persentase laporan masyarakat pada Pilwalkot Semarang yang pemungutan suara digelar 23 September 2020 nanti,” ujar Nining dalam keterangan resmi.

Nining menuturkan nantinya di tiga kelurahan pengawasan itu akan dilakukan rapat pembinaan 4 kali selama bulan Oktober-November 2019.

“Selain itu  akan ada pemasangan spanduk dan umbul-umbul serta launching kelurahan pengawasan pada 1 Desember nanti di Desa Wisata Kandri, Kecamatan Gunungpati,” imbuh Nining.

Disinggung terkait anggaran yang digunakan untuk membentuk kampung pengawasan, Nining mengaku pembiayaan kampung pengawasan nantinya akan diambilkan dana dari APBN 2019 yang dialokasikan ke Bawaslu Provinsi Jateng.

“Semua pembiayan dalam kegiatan ini tidak akan memungut iuran dari masyarakat,” tegasnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya