Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Bawaslu Ngawi Perpanjang Masa Pendaftaran Panwaslu 13 Kecamatan, Ini Alasannya

Bawslu Ngawi memperpanjang masa pendaftaran anggota Panwaslu kecamatan untuk Pemilu 2024.
SHARE
Bawaslu Ngawi Perpanjang Masa Pendaftaran Panwaslu 13 Kecamatan, Ini Alasannya
SOLOPOS.COM - Ilustrasi--Bawaslu. (detik.com)

Solopos.com, NGAWI — Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, memperpanjang masa pendaftaran calon anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) kecamatan. Perpanjangan waktu ini dilakukan karena keterwakilan perempuan belum mencapai 30% dari total pendaftar.

Anggota Bawaslu Ngawi, Imam Munasir, mengatakan pihaknya memperpanjang masa pendaftaran calong anggota Panwaslu mulai 2 hingga 8 Oktober 2022.

PromosiTokopedia Card Jadi Kartu Kredit Terbaik Versi The Asian Banker Awards 2022

Dia menyampaikan hasil pemeriksaan administrasi berkas pendaftaran Panwaslu kecamatan terdapat 13 kecamatan dari 19 kecamatan yang pendaftarnya belum terpenuhi keterwakilan perempuan.

“Hanya enam kecamatan yang terpenuhi keterwakilan perempuan 30 persen untuk pendaftar panwaslu kecamatan. Sisanya sebanyak 13 kecamatan belum memenuhi kuota,” ujar Imam di Ngawi, Selasa (4/10/2022).

Baca Juga: Wali Kota Madiun Canangkan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip

Dia menyampaikan enam kecamatan yang telah memenuhi kuota 30% perempuan adalah Kecamatan Geneng, Ngawi, Paron, Bringin, Pitu, dan Gerih.

Sedangkan 13 kecamatan belum memenuhi kuota itu adalah Kecamatan Mantingan, Widodaren, Kedunggalar, Kasreman, Karanganyar, Padas, Karangjati, Jogorogo, Ngrambe, Sine, Kendal, Kwadungan, dan Pangkur.

Selain itu, lanjut dia, terdapat temuan sebanyak 30 pendaftar yang namanya tercatut sebagai anggota partai politik karena nomor induk kependudukannya masuk dalam Sistem Informasi Partai Politik (Sipol). Dengan demikian, opsi perpanjangan pendaftaran perlu dilakukan.

Baca Juga: Berpusat di Madiun, Ini Ajaran & Sejarah Berdirinya PSH Winongo

Selama masa pendaftaran, dari tanggal 21 sampai 27 September 2022, kata dia, terdapat 279 pendaftar yang menyerahkan berkas ke Bawaslu.

Dari 279 pendaftar tersebut, terdiri atas 205 laki-laki dan 74 perempuan. Adapun kebutuhan anggota panwaslu kecamatan sebanyak 57 orang untuk 19 kecamatan dengan masing-masing kecamatan tiga orang.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode