SOLOPOS.COM - Batu kandung kemih itu memiliki ukuran lebih dari 10 cm dan berat 400 gram. (oddity central)

Solopos.com, HANOI — Sebuah batu kandung kemih besar dikeluarkan dari seorang wanita asal Vietnam. Batu ini menjadi penemuan terbesar di dunia medis sejauh ini.

Melansir Oddity Central, Selasa (19/1/2021), wanita berusia 34 tahun dibawa ke UGD di Rumah Sakit Phu Binh di Thay Nguyen, Vietnam setelah mengeluh sakit di perut. Wanita itu pun menjalani serangkaian tes, termasuk CT scan yang menunjukkan adanya batu besar di perutnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca Juga: Asale Dusun Kembar Slogohimo, Surganya Kuliner Tradisional Wonogiri

Batu kandung kemih itu memiliki ukuran lebih dari 10 cm dan berat 400 gram. Hal ini membuat wanita tersebut harus menjalani operasi untuk mengeluarkan batu dari kemihnya.

Meski tidak banyak informasi, tetapi penemuan batu besar di dalam kemih ini sangat langka. Menurut Jurnal Urologi Turki 2014, batu kandung kemih dengan berat 100 gram jarang terjadi, jika ada hanya tercatat kurang dari 85 kasus dalam beberapa tahun.

Baca Juga: Banyak Temuan Ular di Mojosongo Solo, Ini Penyebabnya

Foto seorang perawat yang berpose dengan batu tersebut dan hasil CT scan menjadi sangat viral di Vietnam. Banyak netizen yang mengungkapan ketidakpercayaan mereka tentang bagaimana wanita itu dapat menahan rasa sakit akibat batu sebesar itu di dalam kemih.

“Saya hanya memiliki sedikit batu, tapi saya merasakan sakit yang luar biasa. Bagaimana orang ini bisa menahan rasa sakit yang disebabkan oleh hal ini? ” satu orang bertanya.

Baca Juga: Mau Dilombakan, Burung Rp7 Juta Raib Digondol Maling di Klaten

Menurut laporan, batu kemih wanita ini tercatat sebagai yang terbesar yang pernah ada. Sebelumnya pada 2016, dokter Tiongkok melaporkan kasus seorang pria berusia 54 tahun yang memiliki batu kandung kemih seberat 1.048 gram. Rekor itu hanya tercatat di Tiongkok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya