top ear
Penampakan batu sungai misterius yang berukir mirip tulisan di Klaten. (Detik.com)
  • SOLOPOS.COM
    Penampakan batu sungai misterius yang berukir mirip tulisan di Klaten. (Detik.com)

Batu Berukir Misterius Sebesar Kelapa Ditemukan di Persawahan Karanganom Klaten

Batu berukiran misterius ditemukan di persawahan Karanganom, Klaten, Jawa Tengah.
Diterbitkan Kamis, 4/03/2021 - 15:15 WIB
oleh Solopos.com/Newswire
2 menit baca

Solopos.com, KLATEN – Sebuah batu dengan ukiran misterius ditemukan di dekat aliran sungai di persawahan Kecamatan Karanganom, Klaten, Jawa Tengah.

Lokasi penemuan batu tersebut berada di dekat sungai di kawasan Desa Soropaten, Karanganom. Saat ini batu tersebut telah diserahkan kepada pihak Dispora Klaten.

"Batu itu ditemukan di persawahan. Posisinya dekat sungai sudah beberapa waktu yang lalu," kata Kades Soropaten, Kecamatan Karanganom, Sri Wigati, pada detikcom, Kamis (4/3/2021).

Baca juga: Air Darah di Pundungrejo Sukooharjo Diduga Muncul dari Sini...

Wigati menjelaskan batu misterius itu ditemukan tanpa sengaja setelah petugas Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) mengecek temuan batu yang diduga cagar budaya di persawahan Dusun Lumbang Dungik, Desa Soropaten, Kecamatan Karanganom, Klaten. Karena dinilai unik, warga menyerahkan batu misterius tersebut.

"Batu diserahkan warga ke dinas beberapa waktu lalu. Yang membawa penemuan batu itu antara Yuniarto Widodo, Margono, A?us Purwonugroho dan Darmo Mulyono," lanjut Wigati.

Baca juga: Waduk Cengklik Park Boyolali Dibuka, Ada Kampung Sakura di Dalamnya

Kabid Kebudayaan Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pemkab Klaten, Yuli Budi Susilowati, mengatakan batu itu telah diserahkan oleh warga beberapa waktu lalu. Batu itu ditemukan di sekitar lokasi yang diduga dekat dengan temuan benda cagar budaya.

"Batu itu ditemukan di dekat lokasi yang pernah kita cek. Lokasi ditemukannya batu itu sebuah gumuk (gundukan tanah)," jelas Yuli saat ditemui detikcom di kantornya.

Batu misterius yang ditemukan di Klaten itu berwarna putih kekuningan. Ukurannya sebesar buah kelapa dengan permukaan kasar dan berbentuk lonjong. Pada batu itu terlihat goresan seperti angka delapan. Ada juga garis-garis tegak mirip lekukan huruf S.


Editor : Profile Chelin Indra Sushmita
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com

berita terpopuler

Iklan Baris

berita terkini


Cek Berita Lainnya