Baterai Sepeda Listrik Meledak di Xuhui China, Kok Bisa?

Baterai sepeda listrik meledak di sebuah gedung komersial di Xuhui, Shanghai, China.
Baterai Sepeda Listrik Meledak di Xuhui China, Kok Bisa?
SOLOPOS.COM - Sebuah ledakan disebut bersumber dari sebuah baterai sepeda listrik terjadi di Xuhui, Shanghai, China. (Gambar: Instagram)

Solopos.com, SOLO – Sebuah ledakan terjadi di kantor gedung komersial di Xuhui, Shanghai, China. Ledakan itu terekam kamera CCTV dan terdeteksi berawal dari kobaran api yang kian membesar.

Video ledakan baterai itu ditayangkan di akun Instagram NPR, Senin (27/9/2021) malam. Rekaman tersebut menunjukkan seorang pekerja merapikan kamar di pagi hari sebelum para pekerja di sebuah gedung komersial di Xuhui, Shanghai datang.

Melihat hasil rekaman CCTV tersebut, peristiwa ini terjadi pada Selasa (22/9/2021). Pekerja tadi meletakkan baterai di sebelah pintu kaca.

Baca Juga: Presiden Jokowi: Pabrik Baterai Mobil Listrik di Karawang Satu-satunya di Asia Tenggara

Api spontan muncul dari bateri tersebut. Tak berselang lama kobaran api membesar dan memunculkan ledakan. Ledakan itu kemudian membuat api merembet ke bagian lain.

Sementara juga terlihat seorang wanita melintas saat api masih menyala belum begitu besar. Namun, wanita tersebut berhasil melarikan diri melalui pintu kaca tanpa cedera.

Sementara rekaman wanita berlari saat ledakan itu memicu pertanyaan dari netizen. “Saya menunggu kabar, apakah wanita ini tiu akan disalahkan karena meletakkan baterai di tempat yang salah? Atau jangan-jangan ini karena perusahaan mengeluarkan produk berbahaya karena ingin mengirit?,” tulis akun Vilmapacheco.

Baca Juga: Bukan Tesla, Ini Perusahaan yang Bangun Pabrik Baterai Mobil Listrik di Indonesia

NPR menerangkan baterai terus menyala selama tiga menit. Pemadam kebakaran Xuhui dikabarkan mengumumkan baterai tak terisi saat kebakaran terjadi. Mereka mengonfirmasi taka da korban luka maupun korban jiwa dari peristiwa tersebut.

Kobaran api setelah ledakan segera berhasil dipadamkan. Otoritas pemadam kebakaran setempat menegaskan imbauan untuk tak menempatkan baterai secara tidak wajar. “Harap diperhatikan penempatan dan penggunaan baterai yang wajar,” kata petugas pemadam kebakaran Xuhui.

Baca Juga: Baut Sel Cacat, GM Putuskan Tarik Modul Baterai Chevrolet

Belum jelas baterai sepeda listrik apa yang mengalami ledakan tersebut. Namun keterangan pemadam kebakaran juga membuat netizen bertanya-tanya. “Penempatan baterai yang wajar. Maksud saya, tidak bisa diletakkan di lantai di samping pintu kaca saat melakukan tugas?,” tulis Gabriel Miranda.

Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago