top ear
Ilustrasi virus corona pemicu Covid-19. (Antara-Dok.)
  • SOLOPOS.COM
    Ilustrasi virus corona pemicu Covid-19. (Antara-Dok.)

Baru Sehari Terkonfirmasi, Anggota DPRD Solo Ini Sudah Sembuh dari Covid-19, Kok Bisa?

Salah satu anggota DPRD Solo yang positif Covid-19 dinyatakan sembuh hanya sehari setelah terkonfirmasi. Dia melakukan tes mandiri.
Diterbitkan Rabu, 3/03/2021 - 18:02 WIB
oleh Solopos.com/Kurniawan
2 menit baca

Solopos.com, SOLO -- Anggota DPRD Solo dari Fraksi PDIP, Suwanto, yang terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil Laboratorium Patologi RSUD Bung Karno (RSBK) Solo, Senin (1/3/2021), mengaku sudah sembuh pada Selasa (2/3/2021).

Artinya Suwanto sembuh hanya sehari setelah terkonfirmasi. Suwanto mengatakan kesembuhan berdasar hasil tes dari RS dr Oen Solo dan Laboratorium Klinik Redy Mojosongo, Jebres.

“Jadi setelah diberitahu saya positif Covid-19 hari Senin, siang saya tes antigen di Klinik Redy Mojosongo, hasilnya negatif. Sore harinya saya tes swab PCR di RS dr Oen Solo. Hasilnya juga negatif saya terima Selasa,” ujar dia, Rabu (3/3/2021).

Baca Juga: Bakal Dibasmi Gibran dan Polisi, Begini Potret Prostitusi Online Kota Solo

Anggota DPRD Solo itu mengaku sengaja melakukan tes di Klinik Redy dan RS dr Oen karena merasa sangat sehat dan bugar ketika terkonfirmasi positif Covid-19. Kondisi itu ia rasakan beberapa hari terakhir sebelum dia menjalani tes di RSBK Solo. “Istri, adik, anak-anak, dan cucu saya juga tidak ada keluhan. Semuanya dalam kondisi sehat bugar,” urainya.

Selain itu Suwanto berpikir ada kesalahan dalam proses tes yang membuat dirinya kemudian terkonfirmasi positif Covid-19. “Saya kondisi prima, tidak merasakan apa-apa. Tidak ada perubahan apa-apa, makan, tidur, merokok, seperti biasa. Sehingga saya inisiatif periksa lagi. Mungkin ada yang error atau saya ketegori OTG,” sambungnya.

Baca Juga: Pabrik Garmen Baru Dibangun Di Sragen, Butuh 1.000 Tenaga Kerja

Ihwal tes Laboratorium Klinik Redy, menurut Suwanto, dilakukan terhadap sembilan orang anggota keluarganya, termasuk dirinya. Hasil tes antigen di klinik itu semua dinyatakan negatif Covid-19.

Konsultasi Dokter

Sedangkan untuk tes Covid-19 di RS dr Oen Solo, anggota DPRD dari PDIP itu melakukannya sendiri. Sebab yang dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan Laboratorium RSBK hanya dirinya.

“Karena yang positif saya, ya saya ingin cek sendiri. Karena saya konsultasi dengan dokter, bila saya negatif, keluarga tidak usah swab PCR. Sebab kemungkinan kecil virus yang dibawa saya tidak menular,” urainya.

Baca Juga: Disidak Bupati Sukoharjo, Jalan Rusak di Telukan Langsung Ditambal

Lebih jauh, Suwanto sudah menunjukkan hasil tes di Laboratorium Redy dan RS dr Oen Solo kepada petugas Dinas Kesehatan Solo. Sebab beberapa hari terakhir anggota DPRD dicari oleh petugas Dinkes Solo untuk proses tracing pasien Covid-19.

Petugas sudah meminta Suwanto untuk menyusun daftar orang yang beberapa hari terakhir melakukan kontak erat dengannya. Kontak erat yang dimaksud petugas yakni yang bertemu dengannya tanpa masker selama 15 menit.

“Sebenarnya sudah saya catat ada 16 orang yang kontak dengan saya 15 menit atau lebih tanpa memakai masker. Namun karena ada hasil tes di Klinik Redy dan RS dr Oen Solo yang menyatakan saya negatif Covid-19, tidak jadi tracing. Semoga kawan-kawan lain yang dinyatakan positif Covid-19 juga bisa segera sembuh, negatif,” katanya.


Editor : Profile Suharsih
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com

berita terpopuler

Iklan Baris

berita terkini


Cek Berita Lainnya