SOLOPOS.COM - Billboard yang terpasang di kompleks Gedung Dakwah Muhammadiyah Desa Papahan, Kecamatan Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar pada Selasa (7/6/2022). (Espos/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, KARANGANYAR — Setelah diresmikan pada Selasa (7/6/2022), Universitas Muhammadiyah Karanganyar (Umuka) langsung diserbu pendaftar. Hanya dalam waktu sehari setelah diresmikan atau pada Rabu (8/6/2022) sebanyak 84 calon mahasiswa mendaftar di universitas tersebut.

Belum diketahui apakah animo calon mahasiwa itu berkaitan dengan tawaran Pemkab Karanganyar. Seperti diberitakan, Pemkab Karanganyar akan memberikan beasiswa bebas biaya kuliah hingga lulus bagi 17 pendaftar pertama dan diterima. Syaratnya harus warga Karanganyar.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketua Panitia Pendaftaran Mahasiswa Baru (PMB) Umuka, Sarilan M. Ali, mengatakan Umuka menerapkan pelayanan pendaftaran cepat One Day Service/ODS atau pelayanan sehari bagi calon mahasiswa.

“Sehari ada 84 pendaftar. Umuka menerapkan ODS, pelayanan sehari selesai. Mulai dari pendaftaran, tes, hingga proses daftar ulang,” ujar Sarilan, Rabu.

Baca Juga: Ini 4 Lokasi Kampus Universitas Muhammadiyah Karanganyar

Dengan sistem ODS itu, maka tidak ada sistem gelombang dalam proses pendaftaran karena semua akan selesai dalam satu hari.

Seperti diketahui, Umuka yang kini berkampus utama di Gedung Dakwah Muhammadiyah Karanganyar, di Papahan, Kecamatan Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar diresmikan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Selasa kemarin.

Dalam kesempatan itu, Bupati Karanganyar Juliyatmono menyampaikan Pemkab Karanganyar akan memberikan beasiswa gratis biaya kuliah sampai lulus bagi 17 pendaftar pertama (diterima) warga Kabupaten Karanganyar.

Umuka membuka 10 program studi (prodi) yakni S1 Teknik Komputer, S1 Informatika, S1 Bisnis Digital, S1 Akuntansi, S1 Ilmu Komunikasi, S1 Fisioterapi, D3 Produksi Ternak, D3 Perhotelan, D3 Sekretari Digital, dan D3 Bina Wisata.

Baca Juga: 17 Pendaftar Pertama Umuka Gratis Biaya Kuliah Sampai Lulus

Selain di Gedung Dakwah Muhammadiyah Karanganyar di Papahan sebagai kampus utama, ada tiga kampus lain Umuka. Tiga lokasi itu yakni di eks kampus Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) di Tegalgede, Kampus Akademi Peternakan Karanganyar (Apeka) yang dikelola Yayasan Pendidikan Karanganyar, dan di lahan RS PKU Muhammadiyah di Jl. Jenderal A. Yani, Gapura Papahan Indah, Papahan, Kecamatan Tasikmadu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya