SOLOPOS.COM - Air hujan menggenangi tenda lapak pedagang peserta Pasar Takjil UMKM di halaman parkir Benteng Vastenburg, Solo, Selasa (5/4/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Pasar Takjil Semarak Ramadan 2022 di pelataran parkir Benteng Vastenburg Solo mulai dibuka, Selasa (5/4/2022) sore. Sekitar 200 pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) meramaikan pasar takjil tersebut.

Dari jumlah 136 pedagang mendaftar melalui link yang dibagikan Pemkot Solo sedangkan sisanya merupakan pedagang kaki lima (PKL) di sekitar Benteng Vastenburg. Pantauan Solopos.com, hari pertama pembukaan pasar takjil tersebut pengunjung cukup ramai.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Lantunan musik religi mulai diputar sekitar pukul 15.15 WIB. Pedagang telah menunggu para pembeli di lapaknya. Para pedagang yang mayoritas merupakan pelaku usaha mikro itu mendapatkan fasilitas meja 75 sentimeter x 50 sentimeter dengan satu tempat duduk di tenda.

Baca Juga: Jembar, Begini Kondisi Area Pasar Takjil Solo di Benteng Vastenburg

Namun belum semua lapak terisi. Sejumlah orang mengendarai sepeda motor, mobil, dan berjalan kaki mulai berdatangan masuk ke tenda lapak pedagang. Mereka memilih jajanan yang dipasarkan.

Berbagai jajanan tersedia di lapak pasar takjil, antara lain tahu gejrot, tiwul, telur asin, kolak, ayam lada hitam, sate ayam dan cincau. Para pedagang ada yang memasang daftar harga di lapaknya mulai Rp2.000 sampai Rp30.000 per porsi.

Petugas Satpol PP Kota Solo, Dinas Koperasi UKM Perindustrian, dan Dinas Perhubungan Solo bersiaga sekitar tenda. Namun ketika uang mulai berputar, hujan deras mengguyur Kota Solo.

Baca Juga: Pasar Takjil Semarak Ramadan Solo Tampung 200 UMKM, Gini Cara Daftarnya

Air Hujan Menggenang

Para pedagang yang berjualan di tepi tenda harus memindah lapak ke bagian tengah. Lampu dimatikan sementara supaya tidak ada yang tersetrum. Maklum, air hujan menggenang di area parkir Benteng Vastenburg.

Suara bising timbul dari air hujan dengan seng atap tenda. Dinas Koperasi UKM Perindustrian Kota Solo, Wahyu Kristina, menjelaskan menyediakan lapak bagi 200 pedagang, masing-masing pedagang yang mendaftar 136 orang dan sisanya pedagang kaki lima di sekitar Benteng Vastenburg.

Baca Juga: Kata Gibran, Di Sini Lokasi Pasar Takjil Semarak Ramadan 2022 Solo

“Dulunya konsep terbuka tapi kasihan kondisi seperti ini mereka bisa kehujanan. Bank Jateng menyediakan tendanya. Aturannya lapak harus bersih ketika selesai berjualan,” jelasnya.

Pasar takjil Semarak Ramadan 2022 di area parkir Benteng Vastenburg bakal buka hingga 28 April mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya