SOLOPOS.COM - Ketua Baznas Jateng, KH Ahmad Daroji (kiri) dan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, saat diwawancari wartawan saat penyerahan bantuan 60 ton oksigen di Kantor Pemprov Jateng. (Semarangpos.com-Humas Pemprov Jateng)

Solopos.com, JOGJA — Pengamat politik dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Wawan Masudi, menyebut kehadiran kelompok yang menamakan diri sebagai barisan celeng berjuang belum pasti menjadi modal politik Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, maju sebagai capres pada Pilpres 2024.

Barisan banteng berjuang merupakan kader PDIP yang mendukung Ganjar untuk maju pada Pilpres 2024. Kelompok ini pun memunculkan logo Barisan Banteng Berjuang yang sempat viral di media sosial.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Meski demikian, menurut Wawan, kelompok barisan banteng berjuang ini belum cukup mampu menjadi modal Ganjar untuk nyapres. Kelompok ini masih terbilang baru. Selain itu, hadirnya kelompok ini lebih dikarenakan sebuah reaksi dari kader PDIP atas pernyataan Ketua DPD PDIP Jateng, Bambang ‘Pacul’ Wuryanto, yang menyebut kader partainya yang mendukung Ganjar sebagai capres adalah celeng.

Baca juga: Tanggapi Barisan Celeng Berjuang, Ini Kata Kader PDIP Pro Bambang Pacul

“Mungkin belum sejauh itu ya, karena yang muncul baru reaksi saja. Reaksi dari kalangan akar rumput partai terhadap elitnya. Apakah kemudian bisa menjadi semacam gerakan atau modal untuk pencalonan? Dilihat perkembangannya nanti ya, tapi ini masih belum sejauh itu menurut saya,” ujar Wawan, dikutip dari detik.com, Selasa (12/10/2021).

Meski begitu, lanjut Wawan, tidak menutup kemungkinan kemunculan barisan celeng berjuang bisa memicu aksi serupa dari kader level akar rumput di daerah lain yang memiliki kesamaan visi mengusung Ganjar sebagai capres 2024. Efek ini nantinya tergantung dari respons elite PDIP atas kader yang terlibat dalam aksi tersebut.

“Kalau misalkan reaksi PDIP benar-benar melakukan tindakan pembersihan atau pemecatan terhadap kader-kader yang mendukung atau mengekspresikan dukungannya kepada Ganjar itu diiringi pemecatan atau sejenis pembersihan, mungkin akan melahirkan simpati yang luas dari kalangan partai yang memang bersimpati dengan barisannya Ganjar,” ucap Wawan.

“Tapi kalau ini hanya soal wacana aksi reaksi, seperti yang saya sampaikan tadi. Enggak akan semasif itu juga. Makanya tergantung setelah ini akan muncul apa,” sambungnya.

Baca juga: Logo Barisan Celeng Berjuang Bikinan Pendukung Ganjar Maju Pilpres?

Kader PDIP yang mendukung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo maju Pilpres 2024 kini membuat logo barisan celeng berjuang. Logo bergambar kepala celeng berwarna merah dengan taring panjang berwarna putih.

Logo barisan celeng berjuang yang viral di medsos itu dibuat oleh penggerak Seknas Ganjar Indonesia (SGI) Kabupaten Purworejo sekaligus kader PDIP yakni Eko Lephex.

“Gambar yang buat saya, mas. Celeng kan lagi viral,” kata Eko.

Dalam gambar itu, juga tertulis kalimat ‘Barisan Celeng Berjuang’. Eko menyebut, barisan celeng yang dimaksud adalah para kader PDIP yang selalu berjuang untuk kebenaran dan mengusung Ganjar sebagai capres.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya