SOLOPOS.COM - Ilustrasi obat sirop. (Freepik.com)

Solopos.com, JAKARTA—Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri akhirnya menaikkan status dari penyelidikan ke penyidikan terhadap satu perusahaan obat dalam kasus obat sirop yang mengandung etilen glikol (EG) tinggi dan mengakibatkan gagal ginjal akut. Direktur Tindak Pidana Tertentu (Dirtipidter) Bareskrim Polri Brigjen Pol. Pipit Rismanto membenarkan bahwa hasil gelar perkara dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menunjukkan bahwa perkara meningkatkan ke status penyidikan kepada PT Afi Farma.

“Hasil gelar perkara penyidik bareskrim dan BPOM sepakat meningkatkan dari penyelidikan ke penyidikan terhadap PT Afi Pharma,” ujar Pipit saat dihubungi wartwan, Selasa (1/11/2022).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pipit menjelaskan naiknya status perkara ini ke penyidikan karena adanya dugaan penggunaan etilen glikol berlebih yang dilakukan oleh PT Afi Farma. “Diduga memproduksi sediaan farmasi jenis obat sirup merk paracetamol [obat generik] yang mengandung EG melebihi ambang batas yaitu 236,39 mg [yang harusnya 0,1 mg] setelah di uji lab oleh BPOM,” jelas Pipit.

Baca Juga Kongres Partai Komunis China dan Dasasila Bandung

Kemudian, Pipit juga memaparkan terkait dengan dua perusahaan lainnya yaitu PT Yarindo Farmatama dan PT Universal Pharmaceutical Industries akan diselidiki oleh BPOM. “Rencana [dua perusahaan lainnya] akan disidik oleh BPOM sendiri,” paparnya.

Sekadar informasi, Kepala BPOM Penny K. Lukito menyampaikan bahwa dugaan tersebut muncul setelah pihaknya melakukan penyelidikan bersama dengan Bareskrim Polri sejak 24 Oktober 2022. Dua perusahaan tersebut, ujar Penny, adalah PT Yarindo Farmatama dan PT Universal Pharmaceutical Industries.

“Pertama PT Yarindo Farmata yang berlamat Cikande, Serang, Banten dan yang kedua adalah PT Universal Pharmaceutical Industries yang beralamat di Medan,” tutur Penny dalam konferensi pers virtual, Senin (31/10/2022).

Baca Juga Vladimir Putin Puji Kecantikan Wanita Indonesia, Connie Sasarannya

Selain kedua perusahaan tersebut, Penny mengatakan ada satu perusahaan lain yang diduga memproduksi obat dengan kadar EG berlebih, yaitu PT Afi Pharma. “Saya kira ini informasi terbaru. Kami menemukan produk sirop obat paracetamol drops, paracetamol sirop rasa peppermint produksi PT Afi Farma,” ucap Penny.

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Bareskrim Naikkan Status Kasus Obat Sirop Berbahaya ke Penyidikan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya