SOLOPOS.COM - Jl Slamet Riyadi Solo. (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Kegiatan torch relay atau pawai obor ASEAN Paragames (APG) 2022 di Kota Solo dilaksanakan berbarengan dengan car free day (CFD) di Jl Slamet Riyadi, Minggu (24/7/2022). Rute pawai obor mulai dari Purwosari sampai depan Balai Kota Solo dengan jarak lima kilometer.

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, yang juga Ketua Indonesia ASEAN Paragames Organizing Comittee (INAPOC), mengatakan torch relay bakal diikuti pensiunan atlet dan perwakilan komunitas penyandang disabilitas di setiap daerah.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Ada mantan atlet. Ada juga unsur forum komunikasi pimpinan daerah [forkopimda] Solo. Titik awalnya dari kawasan Purwosari dan berakhir di depan Balai Kota Solo. Acara pawai obor dimulai pukul 05.30 WIB,” katanya saat ditemui wartawan di Balai Kota Solo, Rabu (20/7/2022).

Gibran menyebut konsep torch relay ASEAN Paragames 2022 hanya pembawaan obor secara bergantian sesuai rute pawai obor yang berjarak sekitar lima kilometer. Pembawaan obor dilakukan secara estafet hingga lokasi titik akhir di depan Balai Kota Solo.

Pelaksanaan torch relay berbarengan dengan event CFD yang rutin digelar setiap Minggu pagi. “Nanti artisnya tak pindah ke acara opening ceremony. Karena besok sudah ada menteri, enggak usah ada artis. Acara torch relay pendek. Nanti, difokuskan di acara opening ceremony agar lebih meriah,” ujarnya.

Baca Juga: Pawai Obor ASEAN Para Games 2022 Diundur Pekan Depan, Ini Sebabnya

Kejutan

Torch relay itu akan menggunakan api abadi dari Mrapen, Kabupaten Grobogan. Gibran menyampaikan pengambilan api abadi itu rencananya dilakukan pada 24 Juli. Api abadi lalu dibawa ke Semarang, Sukoharjo, Karanganyar, dan terakhir Kota Solo.

Api abadi bakal disimpan dan dibiarkan menyala hingga acara opening ceremony ASEAN Paragames 2022 pada 30 Juli. “Ya disimpan di sini hingga opening ceremony. Kurang lebih seperti itu konsep pawai obor dengan rute Purwosari-depan Balai Kota Solo,” paparnya.

Lebih jauh, Gibran mengatakan bakal memberikan kejutan bagi masyarakat saat opening ceremony APG di Stadion Manahan. “Wong surprise kok mau dibocorkan. Yang jelas, ada kejutan saat opening ceremony,” katanya.

Baca Juga: Asyik! Artis Ibu Kota Meriahkan Pembukaan APG XI di Stadion Manahan

Seorang warga Kelurahan Keprabon, Kecamatan Banjarsari, Sumitro, antusias dengan adanya pawai obor APG 2022 di CFD, Minggu besok. Ia yakin acara itu bakal menyedot perhatian masyarakat.

Masyarakat yang mengunjungi CFD Jl Slamet Riyadi bakal menyaksikan langsung para atlet dan pensiunan atlet membawa api abadi secara estafet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya