SOLOPOS.COM - Pekerja menata kardus berisi daging kerbau impor yang tiba di Terminal Mustika Alam Lestari, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (14/4/2022). Pemerintah melalui Perum BULOG mendatangkan daging kerbau impor dari India untuk tahap kedua yang diperkirakan akan tiba sampai dengan lebaran mendatang sebanyak 36 ribu ton yang digunakan untuk alternatif pilihan bagi konsumen. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/YU

Solopos.com, JAKARTA–Badan Pangan Nasional (Bapanas) menyiapkan harga daging sapi dan kerbau beku dengan harga Rp80.000 hingga Rp95.000 per kilogram. Langkah itu sebagai penyeimbang harga daging segar menjelang Lebaran 2022.

“Masyarakat punya alternatif untuk membeli daging, ada daging sapi segar, daging sapi beku, dan daging kerbau beku,” kata Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi di Jakarta, Rabu (27/4/2022).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Arief menjelaskan harga daging sapi segar secara nasional stabil Rp115.000 hingga Rp150.000 per kilogram dengan harga rata-rata di tingkat konsumen mencapai Rp134.863 per kilogram.

Baca Juga: Jelang Lebaran, Harga Daging Sapi di Boyolali Tembus Rp140.000 per Kg

Sementara itu, Direktur Utama Berdikari Harry Warganegara mengatakan pihaknya telah memasok 36 ton daging sapi per bulan, baik daging beku maupun daging dari sapi hidup ke sentra-sentra daging mitra penjualan dan jaringan gerai daging perseroan sebagai langkah taktis memperluas jaringan distribusi daging sapi.

Anggota BUMN Holding Pangan ID FOOD ini tengah memperkuat jaringan distribusi daging dengan memperluas pasokan untuk memasok daging sapi kepada masyarakat, di antaranya jaringan LotteMart, toko daging Best Meat dan Prima Frest Mart, hingga mitra penjual daging perorangan serta sentra-sentra gerai daging Berdikari.

Baca Juga: Bulog Impor 100.000 Ton Daging Kerbau Tahun Ini, Untuk Apa?

“Kami menerima penugasan daging sapi Brasil dari pemerintah sebanyak 20.000 metrik ton di 2022, memperluas jaringan distribusi daging sapi bekerja sama dengan mitra penjualan di modern market, pasar basah, e-commarce dan jaringan gerai daging Berdikari,” kata Harry.

Ia menambahkan Berdikari juga turut mengoptimalkan produksi sapi peternak lokal dengan memobilisasi sapi bakalan dari peternak di Jawa Tengah, Jawa Timur hingga Sumbawa dan Nusa Tenggara Barat, serta mendatangkan sapi bakalan dari Australia pada awal April 2022 lalu, sebagai upaya memenuhi pasokan daging sapi.

“Total sapi hidup siap potong saat ini berjumlah 1.481 ekor untuk memenuhi kebutuhan HBKN 2022 dan selalu dipastikan tersedia dengan perputaran sapi hidup rata rata 3.000-an ekor per bulan,” pungkas Harry.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya