SOLOPOS.COM - Ilustrasi pembangunan tol. (JIBI/Harian Jogja/Dok)

Solopos.com, PURWOKERTO — Pemerintah Banyumas, Jawa Tengah (Jateng), berharap rencana pembangunan Jalan Tol Pejagan-Cilacap atau Tol Tegal-Cilacap bisa segera direalisasikan. Keberadaan tol itu diharapkan mampu mendongkrak perekonomian di wilayah Banyumas dan sekitarnya.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Banyumas, Sadweo Tri Lastiono, saat memberikan sambutan pada acara Peringatan Hari Buruh Internasional di Hotel Java Heritage, Purwokerto, Rabu (11/5/2022). Sadewo menyebut pembangunan Tol Pejagan-Cilacap sebenarnya sudah masuk dalam proyek strategis nasional (PSN) pada 2019.

Promosi Cuan saat Ramadan, BRI Bagikan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

“Namun ternyata anggaran pada 2020 di-refocusing karena pandemi Covid-19,” ujarnya.

Ekspedisi Mudik 2024

Wabup Banyumas menambahkan lahan yang akan dilalui Tol Pejagan-Cilacap saat ini juga telah disiapkan. Lahan-lahan itu bahkan sudah dipatok, meski belum dilakukan pembebasan lahan akibat refocusing anggaran.

“Padahal dengan adanya Tol Pejagan-Cilacap akan mendukung kawasan industri di daerah Wangon dan Lumbir. Kami tetap berupaya agar [Tol Pejagan-Cilacap] tetap dianggarkan dari pusat,” katanya.

Baca juga: Tol Tegal-Cilacap Jadi Asa Banyumas Dongkrak Investasi

Sadewo menambahkan rancangan bangun rinci atau detail engineering design (DED) Tol Pejagan maupun trase jalan untuk Tol Pejagan-Cilacap juga sudah dibuat pada 2022 lalu.

“Hitungannya pada tahun 2020 itu sudah pembebasan lahan, namun ternyata refocusing. Kemudian tahun 2021 saya kejar lagi, saya minta ke Pak Gubernur [Jateng, Ganjar Pranowo] kemudian lewat Bappeda Provinsi Jawa Tengah mengusulkan lagi ke pusat. Tetapi, sampai sekarang belum masuk proyek strategis nasional lagi,” katanya.

Ia mengharapkan Tol Pejagan-Cilacap dapat terealisasi karena betul-betul akan mendongkrak perekonomian di Kabupaten Banyumas. “Oleh karena itu, kami akan mengejar terus agar Tol Pejagan-Cilacap dapat terealisasi,” kata Wabup menegaskan.

Baca juga: Lelang Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap, Siapa Pemenangnya?

Wacana pembangunan jalan tol dari Pejagan, Kabupaten Brebes, menuju Wangon di Kabupaten Banyumas, atau jalan Tol Tegal-Cilacap sebenarnya sudah cukup lama. Bahkan pada 28 Januari 2018 lalu, Bupati Banyumas, Achmad Husein, pernah mengusulkan pembangunan jalan tol itu segera ditenderkan sehingga segera terealisasi.

Menurutnya, Jalan Tol Pejagan-Cilacap atau Tegal-Cilacap itu sangat signifikan guna mengatasi persoalan jalan rusak yang kerap melanda ruas jalan Ajibarang-Brebes akibat tak kuat menampun volume kendaraan yang cukup tinggi. Selain itu, rencana jalan tol Tegal-Cilacap ini juga sempat menjadi bahan kampanye Presiden Jokowi saat Pilpres 2019 di GOR Satria, Purwokerto, 4 April 2019 lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya