SOLOPOS.COM - Kepala Bapenda Kota Semarang, Indriyasari. (Solopos.com-Ponco Wiyono)

Solopos.com, SEMARANG — Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Semarang, Indriyasari, mengatakan hingga akhir 2021, piutang pajak yang belum dibayarkan wajib pajak (WP) mencapai 590 miliar. Piutang sebanyak itu berasal dari WP yang belum membayar kewajiban pajak selama beberapa tahun.

Iin, sapaan Indriyasari, mengaku pihaknya sudah melakukan berbagai upaya agar piutang pajak itu segera terselesaikan. Salah satunya melakukan penagihan Rp52 miliar dan rekonsiliasi Rp140 miliar, sehingga piutang tersisa saat ini mencapai Rp390 miliar.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Kami sudah memanggil dan melakukan klarifikasi lewat rakor dengan 20 wajib pajak yang total pajaknya mencapai Rp40 miliar. Sekarang kami menunggu komitmen mereka pada kewajiban terhadap pemerintah,” jelas Iin, Kamis (6/10/2022).

Klarifikasi tersebut dilakukan terkait piutang yang seharusnya sudah masuk dalam periode 2017 sampai 2022.

Selain klarifikasi, Bapenda juga dikatakan Iin akan melakukan verifikasi data wajib pajak sampai akhir 2022 nanti. Menurutnya, validasi data wajib pajak ini perlu dilakukan sebab masih banyak yang belum membayar pajak.

Baca juga: BNN Jateng Sita Aset Bandar Narkoba, Ada Rumah di Semarang

“Sampai saat ini masih ada wajib pajak yang sebenarnya sudah membayar namun belum lunas,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Semarang, Iswar Aminuddin, berharap kepada semua wajib pajak yang belum melunasi piutang pajak untuk segera melakukan pelunasan.

“Dengan melunasi pajak, otomatis pendapatan daerah Kota Semarang juga akan meningkat. Nantinya, hasil pendapatan pajak tersebut juga akan digunakan untuk pembangunan kota, hingga program kesejahteraan masyarakat akan menggunakan dana dari hasil pajak,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya