Banyak Reklame Liar di Bantul Halangi Lampu Lalu Lintas
Solopos.com|jogja

Banyak Reklame Liar di Bantul Halangi Lampu Lalu Lintas

ilustrasi

BANTUL—Sejumlah reklame liar di Bantul menutupi beberapa rambu lalu lintas.

Dari pantauan Harian Jogja, di simpang tiga Cepit, Jl. Parangtrtitis, Pendowoharjo, Sewon, Selasa (22/5) siang, semrawutnya pemasangan reklame di sisi barat jalan menutupi sebuah alat pengatur isyarat lalu lintas (APILL).

Untuk memastikan lampu rambu-rambu di simpang tiga itu menyala merah atau hijau, sebagian pengguna jalan lebih memilih menengok ke APILL yang berada di sisi timur jalan. “Lama-lama jadi risih juga,” ujar Taufiq, 30, warga Dusun Bakalan, Pendowoharjo, Sewon.

Jika reklame yang dipaku pada batang pohon dan diikatkan pada tiang listrik yang mengapit lampu APILL itu sudah usang, Taufiq menambahkan, keesokan hari tiba-tiba sudah berganti reklame lain yang masih baru. Demikian seterusnya.

Pengamat ruang publik dari Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, Sumbo Tinarbuko mengatakan, pemasangan reklame yang serampangan di jalanan dan tempat-tempat umum justru membelokkan tujuan dari iklan itu sendiri.

“Bertebarannya reklame liar justru menjadi teror visual. Selain membuat kumuh, masyarakat kini jadi garang. Di mana-mana selalu menjumpai reklame yang memaksa jadi konsumtif,” tegas Sumbo.

Kabid Penegakan Perda Satpol PP Bantul, Suparmadi mengatakan, operasi penertiban reklame liar yang dilakukan sudah tidak terhitung lagi karena saking seringnya. “Namun tidak ada jeranya. Satu hari diberantas, esoknya bermunculan lagi.,” tandasnya. (ali)

Close Video
Promo & Events
Baca Juga
View All
Berita Terpopuler
Indeks
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago