SOLOPOS.COM - Masyarakat dan pelajar antusias menyambut iring-iringan mobil pembawa jenazah Eril menuju permakaman keluarga di Cimaung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin (13/6/2022). (Tangkapan layar/YouTube)

Solopos.com, BANDUNG—Iring-iringan mobil pembawa jenazah putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil,  Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, dari Gedung Negara Pakuan Bandung hingga ke Cimaung, Kabupaten Bandung, mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat dan pelajar di sepanjang jalan.

Para pelajar berjejer di pinggir jalan dan membentangkan spanduk bertuliskan “Selamat Jalan Eril”. Mereka juga ada yang membaca selawat dan mendoakan Eril.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat Dedi Supandi mengatakan kantor cabang dinas (KCD) tidak melakukan pengerahan para pelajar lewat surat edaran resmi.  “Menurut KCD surat itu tidak pernah ada, hanya kesigapan staf adm membuat draf surat tapi belum resmi dikeluarkan. Makanya tidak ada nomor surat nya,” katanya.

Baca Juga: Warga di Sepanjang Jalan Lepas Kepergian Eril, Ridwan Kamil Terharu

Ekspedisi Mudik 2024

Dedi mengaku mendapatkan aspirasi dari forum siswa, komunitas pelajar maupun organisasi yang hendak mendoakan Eril. Mereka berdiri di sejumlah lokasi dalam rute yang akan dilalui jenazah Eril menuju makam.

“Jadi ada aspirasi dari komunitas pelajar maupun organisasi. Mereka akan memberikan penghormatan, mendoakan dan salawat kepada jenazah ananda Eril di sepanjang rute perjalanan menuju makam,” ujar Dedi Supandi.

Dedi mengatakan pihaknya mempersilakan bila ada siswa dan siswi yang akan menyambut dan memberikan penghormatan untuk jenazah Eril menuju pemakaman. Khususnya, untuk pelajar di sekolah yang dilewati dalam rute iring-iringan pengantar jenazah Eril.

Baca Juga: Hujan Tak Surutkan Masyarakat Sambut Jenazah Eril di Bandung

“Saya mempersilakan kepada siswa dan siswi. Karena ananda Eril ini kan putra dari pemimpin kita di Jabar,” katanya.

Kendati demikian, dia meminta siswa dan siswi tertib ketika menyambut jenazah Eril. “Mungkin ada yang akan membawa bunga, silakan. Tapi mohon yang tertib, saat berdiri di sepanjang jalan rute yang dilalui oleh jenazah,” katanya.

Menurut Dedi, almarhum Eril pantas menjadi panutan bagi siswa dan siswi, baik dari segi akademik maupun pribadinya. Karena itu pula yang menjadi alasan dari siswa maupun siswi mengajukan aspirasi untuk menyambut jenazah di perjalanan sebagai penghormatan terakhir.

Baca Juga: Prosesi Pemakaman Putra Ridwan Kamil Berakhir, Warga Serbu Pusara Eril

“Karena kita tahu, pribadi ananda Eril ini sangat menjaga dan peduli kepada orang sekitarnya. Sebelum mengalami musibah di Sungai Aare pun almarhum memastikan keluarganya untuk safety,” papar Dedi.

 

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul: Ratusan Pelajar Iringi Pemakaman Eril, Disdik Jabar Pastikan Murni Aspirasi Siswa

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya