SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pramuka Indonesia. (Freepik.com)

Solopos.com, Boyolali — Para pelajar di Boyolali mengganggap penting keberadaan Pramuka. Para pelajar mengaku memperoleh banyak manfaat saat mengikuti kegiatan Pramuka.

Salah seorang pelajar SMPN 2 Boyolali, Mukhbitah Quanesha Atalia akbar, mengatakan Pramuka menjadi penting karena menanamkan nilai-nilai yang berkarakter kepada pelajar untuk bekal kehidupan sehari-hari.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Pramuka bisa membentuk karakter saya. Selama menjadi anggota Pramuka, saya bisa lebih mandiri, disiplin, dan bertanggungjawab. Pramuka juga melatih mental saya menjadi lebih kuat,” ucap Ata, panggilan akrabnya, saat ditemui wartawan di Simpang Lima Boyolali, Minggu (14/8/2022).

Ata mengaku dirinya mengenal Pramuka sejak di bangku SD. Ia menjelaskan dirinya senang dengan setiap kegiatan di Pramuka.

“Kegiatan-kegiatannya seru dan menyenangkan. Pramuka bisa menambah banyak teman dan kenalan,” ucap siswi kelas VII itu.

Baca Juga: Jamnas Pramuka 2022 Dibuka di Buperta Cibubur, Diikuti 11.000 Peserta

Siswa SMAN 2 Boyolali, Annisa, menjelaskan kegiatan Pramuka mengajarkan dirinya banyak hal.

“Seperti baris-berbaris, kadang petualangan. Selain itu juga ada kemah. Dalam kemah itu juga banyak pembelajaran, seperti tali-menali. Jadi menambah wawasan saya,” ucapnya.

Annisa menambahkan, dirinya bisa mengerti arti kebersamaan dari kegiatan Pramuka.

“Dari Pramuka, saya bisa menjaga kebersamaan antara satu dengan yang lain, misalnya dari kegiatan makan bersama. Intinya melakukan segala hal secara bersama-sama,” katanya.

Baca Juga: Siapa Pendiri Pramuka Indonesia? Ini Penjelasannya

Ia menjelaskan kegiatan Pramuka melelahkan saat latihan fisik. Meski demikian, ia tetap merasa senang menjalaninya.

“Yang berat di Pramuka itu mungkin seperti kegiatan fisik, seperti baris-berbaris di siang hari yang panas. Tapi ya tetap senang,” ucapnya.

Sebagai informasi, hari Pramuka dirayakan tepat hari ini, Minggu, (14/8/2022). Hampir seluruh pelajar SD, SMP, dan SMA Kota Boyolali mengadakan upacara Pramuka di sekolah masing-masing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya