SOLOPOS.COM - Ilustrasi mengalami mual dan muntah saat hamil. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO — Sering mual dan muntah mungkin sudah menjadi keluhan yang sering dialami seorang ibu hamil. Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi keluhan pada ibu hamil terutama pada usia trimester pertama usia kehamilan.

Dokter spesialis obsgyn Rumah Sakit (RS) JIH Solo dr. Nuri Dyah Anggraini, Sp.OG, dalam Health Talk yang disiarkan di Youtube RS JIH Solo, menjelaskan biasanya kehamilan dialami seorang ibu selama sembilan bulan yang terbagi menjadi tiga trimester.

Ekspedisi Mudik 2024

Trimester pertama tersebut terjadi di usia 0-12 pekan kehamilan, trismester kedua mulai 13-28 pekan dan trismester ketiga mulai 29 pekan sampai ibu melahirkan.

Keluhan ibu hamil, ternyata juga berbeda di tiap trimesternya. Menurut dr. Nuri, pada trimester pertama, sekitar 50%, keluhan yang pertama dan yang paling sering adalah mual dan muntah atau morning sickness.

Penyebab morning sickness karena si ibu mengalami perubahan hormon, dari yang sebelumnya tidak dalam kondisi hamil kemudian hamil, tubuh seorang ibu akan ada perubahan hormon. Akibatnya sering muntah, mual, kembung, sering sendawa, ulu hati nyeri, dan sebagainya.

Baca Juga: Tindakan DSA Bisa Dilakukan untuk Atasi Stroke pada Penderita Hipertensi

“Kalau masih dalam tahap wajar, jika masih bisa makan, itu tidak masalah. Cara mengatasinya adalah ibu hamil harus makan sedikit tapi sering. Mungkin bisa sehari lima kali atau enam kali tapi dengan porsi sedikit,” kata dia.

Sedangkan jika mual dan muntah itu terjadi dan menyebabkan tidak nafsu makan atau tidak bisa makan, maka harus dikonsultasikan ke dokter.

Ibu hamil di trimester pertrama juga biasanya gampang capek. Kondisi ini terjadi juga akibat hormonal. Untuk itu ibu hamil harus mengurangi aktivitasnya.

Tapi kondisi mudah lelah juga harus dipastikan lagi, karena ada kemungkinan juga mengalami anemia. Untuk mengatasinya, asupan nutrisi harus cukup dan banyak konsumsi cairan. Jika ada anemia, bisa diberi obat tambah darah.

Keluhan lainnya adalah munculnya kram di perut. Nemun menurutnya jika kram itu masih bisa hilang sendiri saat tiduran, tidak masalah. Tapi perlu diwaspadai jika kram muncul disertai dengan flek. Jika hal itu terjadi, disarankan untuk segera dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Baca Juga: Menjaga Kesehatan di Usia Senja dengan Gaya Hidup Sehat

Pada trimester pertama, ibu hamil juga sering ke kamar mandi untuk buang air kecil. “Hal ini wajar karena ketika kandungan semakin membesar akan menekan kandung kencing. Tapi harus hati-hati juga karena sering ke kamar mandi itu bisa terkena infeksi saluran kencing. Harus tetap banyak minum sama mengurangi kafein,” kata dia.

Dia mengatakan pada semua fase kehamilan, semua kafein baik dari teh, kopi maupun cokelat, maksimal boleh dikonsumsi hanya dua cup per hari. “Kalau pagi sudah minum teh, siang minum kopi, maka malam tidak boleh lagi. Lalu pada trimester pertama harus lebih dikurangi lagi,” kata dia.

Keluhan lainnya yang sering muncul adalah munculnya lendir vagina yang lebih banyak. Menurutnya itu terjadi karena faktor hormonal dan katrena aliran darah yang terlalu banyak di sekitar vagina. Disarankan untuk menjaga area kewanitaan agar tetap tidak lembab.

Terakhir adalah keluhan sering pusing. Tapi menurutnya jika pusing tersebut masih wajar, dan bisa hilang dengan beristirahat, maka tidak perlu khawatir. Tapi jika pusing terjadi berlebihan, harus segera periksa ke dokter.

Rekomendasi
Berita Lainnya