SOLOPOS.COM - Bus-bus di Sumatra banyak memakai tameng besi/screenshot Instagram @bissumatera

Solopos.com, JAKARTA -- Bagi masyarakat yang mengikuti perkembangan dunia transportasi bus, tentunya sudah tahu jika bus-bus asal Sumatra banyak yang menggunakan terali atau tameng besi di kaca depan.

Ketua Umum Busmania Community, Zaenal Arifin, mengatakan bus Sumatra yang menggunakan tameng besi tujuannya adalah untuk keselamatan saat beroperasional.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

"Tujuan awalnya, sebetulnya itu untuk menghindari lemparan batu dari orang yang tidak bertanggung jawab," ujar Zaenal seperti ditulis Detikoto, Selasa (30/3/2021).

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga : Sleeper Bus Laksana Dijiplak Perusahaan Karoseri Di Bangladesh

Menurut Zaenal, kebiasaan perusahaan otobus menggunakan terali besi di kaca depan sudah dilakukan sejak lama, tepatnya ketika jaringan jalan tol Trans Sumatra belum dibangun sama sekali.

Bus Sumatra ini harus melewati jalan raya provinsi yang masih sepi dan rawan tindakan kriminal. Jalan yang rawan ini biasanya di lintas timur lampung dan jalur lintas tengah.

"Kalau sekarang sih sudah nggak. Begitu tol Sumatra udah jadi, kondisinya mulai aman. Nyatanya ada beberapa PO Bus yang rutenya ke Sumatera, dia nggak pakai tameng, kayak PO SAN, PO ANS, PO MPM," sambung Zaenal.

Baca Juga : Bus Listrik Damri Dari Korea Selatan Dijajal Layani Rute Bandara

Namun seiring berjalan waktu, keberadaan terali tersebut tak hanya untuk melindungi kaca dari lemparan batu saja, tapi juga untuk melindungi kaca dari potensi tertimpa benda keras lainnya seperti ranting pohon.

Secara fungsi, tameng besi tersebut memang punya manfaat besar untuk meredam lemparan batu atau potensi kejatuhan benda lain seperti ranting pohon. Tapi secara estetika, tambahan terali di depan kaca tersebut mengurangi kadar kemewahan sebuah bus, apalagi jika bus tersebut menggunakan sasis premium dan bodi yang mewah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya