SOLOPOS.COM - JIBI/ Harian Jogja/ Kusnul Isti Qomah Ilustrasi tanah longsor

JIBI/ Harian Jogja/ Kusnul Isti Qomah
Ilustrasi tanah longsor

Harian Jogja.com, BANTUL– Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul, meminta seluruh pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) di wilayah ini, untuk meningkatkan kewaspadaan dini terhadap ancaman gerakan tanah .

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Maya Sintowati Panji mengatakan, sesuai surat edaran dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan Dinkes DIY, bahwa gerakan tanah berpotensi terjadi di DIY termasuk wilayah Bantul.

“Kami diminta untuk menyampaikan ke puskesmas dan camat masing-masing, karena setidaknya ada lima kecamatan di Bantul yang berpotensi terjadi gerakan tanah menengah-tinggi,” katanya, Selasa (9/7/2013).

Lima kecamatan itu meliputi Kecamatan Kretek, Pundong, Dlingo, Piyungan dan Imogiri.

Sebenarnya, lanjut Maya, potensi gerakan tanah bisa terjadi dimana saja, namun untuk puskesmas di lima kecamatan tersebut diminta kesiapsiagaan terkait penanganan bidang kesehatan dan memahami potensi bencana di wilayahnya.

Ia mengatakan, dalam edaran dari BMKG tersebut memang tidak dijelaskan secara spesifik jenis bencana dari gerakan tanah, namun pihaknya mengartikan sebagai bencana longsor karena di lima kecamatan tersebut wilayahnya perbukitan.

“Jadi potensi bencana longsor sangat mungkin terjadi ketika terkena guyuran hujan, seperti di Kecamatan Dlingo itu kan hampir semua wilayahnya merupakan perbukitan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya