SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Antara/Arief Priyono)

Harianjogja.com, BANTUL- Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mendorong pertumbuhan lumbung padi sebagai tempat penyimpanan cadangan pangan masyarakat setempat.

“Saat ini di Bantul sudah ada sebanyak 12 lumbung yang representatif sebagai penyimpanan cadangan pangan masyarakat, makanya ini perlu didorong antisipasi kerawanan pangan,” kata Kepala BKPPP Bantul, Pulung Haryadi, Selasa (12/8/2014).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menurut dia, 12 lumbung pangan yang tersebar di seluruh Bantul itu sebagian dibangun dengan anggaran pemerintah desa setempat, juga sebagian ada petani yang merelakan rumahnya untuk gudang penyimpanan hasil pertanian khususnya padi.

“Rata-rata lumbung memiliki kapasitas 20 ton yang dikelola gapoktan [gabungan kelompok tani], jumlah itu yang terdata kantor, namun untuk lumbung padi kecil jumlahnya lebih banyak dari itu, untuk angka pastinya kami tidak hafal,” katanya.

Menurut dia, dengan adanya lumbung itu, masyarakat bisa memanfaatkan cadangan pangan yang tersimpan untuk mengadakan hajatan, ataupun pada saat musim kemarau yang secara umum persediaan beras terus berkurang sementara produksi terbatas.

“Seperti lumbung milik masyarakat di wilayah Imogiri itu, cadangan pangan diambil apabila ada hajatan, namun ketika selesai ‘dikembalikan’, sehingga tetap terjaga stoknya, dan selama ini belum terjadi kekurangan makan,” katanya.

Apalagi, kata dia produksi beras di Bantul melebihi dari kebutuhan masyarakat Bantul, atau surplus sekitar 20.000 ton per tahun, sehingga harapannya lumbung-lumbung tersebut dapat dioptimalkan untuk simpan cadangan pangan sehari-hari.

“Produksi beras Bantul tahun lalu sekitar 205.000 ton, sementara kebutuhan beras di Bantul berdasarkan rata-rata konsumsi per kapita sebanyak 80.000 ton, makanya surplus sekitar 20.000 ton, sehingga untuk beras stoknya aman,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya