SOLOPOS.COM - Ilustrasi bantuan sosial (Solopos)

Solopos.com, KARANGANYAR -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Karanganyar menyiapkan dana sebesar Rp306.500.000 untuk 113 keluarga korban bencana alam di Karanganyar selama Juni 2020 hingga pertengahan Desember 2020. Penyaluran dana bantuan sosial kebencanaan tersebut rencananya akan dilakukan Selasa (29/12/2020).

Kepala Pelaksana Harian BPBD Karanganyar, Sundoro Budi Karyanto, memastikan penyaluran bantuan sosial kebencanaan akan selesai satu hari. Pihaknya sudah bertemu dengan Bupati Karanganyar, Juliyatmono, terkait rencana penyaluran bantuan tersebut. Sehingga, dipastikan penyaluran akan diberikan kepada 113 keluarga terdampak bencana pada Selasa di Rumah Dinas Bupati Karanganyar.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Saya sudah bertemu dengan Bupati terkait penyaluran bantuan sosial kebencanaan. Karena kan tidak boleh sampai akhir tahun untuk disalurkan. Jadi target kami Desember ini untuk tahap II sudah bisa disalurkan. Bupati tadi menyetujui dan kami pastikan disalurkan pada Selasa siang,” beber Kalak Harian BPBD Karanganyar kepada Solopos.com, Senin (28/12/2020).

Paulan Jadi Desa Pertama di Karanganyar yang Punya Jalan Beraspal Plastik

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Karanganyar, Nugroho Budi Santosa mengatakan pemberian bantuan sosial kebencanaan hanya untuk masyarakat terdampak bencana yang terjadi pada Juni hingga Selasa (15/12/2020). Sedangkan korban terdampak bencana setelah tanggal tersebut akan dijadwalkan menerima bantuan pada tahap I 2021. Total dana yang disiapkan untuk dana bansos kebencanaan tahap II 2020 sebesar Rp306.500.000.

“Jadi bantuannya sementara untuk yang sampai 15 Desember saja. Kami menginformasikan itu dulu agar tidak ada salah paham. Karena yang tanggal setelah itu belum bisa diikutkan di penyaluran tahap II 2020. Nanti yang setelah 15 Desember tetap dapat tapi diikutkan pada tahap I 2021,” jelas dia.

Dinsos Kebut Validasi DTKS, Rujukan Penerima Bansos di Sukoharjo

Kategori Kerusakan

Menurut Nugroho, besaran nominal yang diberikan kepada masing-masing keluarga beragam sesuai tingkat kerusakan yang diperkirakan oleh tim analisis BPBD Karanganyar. Rata-rata akan menerima bantuan sosial kebencanaan antara Rp1 juta hingga Rp5 juta per keluarga.

“Ada kategori ringan, sedang, dan berat. Jadi nanti dapatnya beda-beda tergantung kerusakan masuk ke kategori mana. Minimal dapat Rp1 juta dan maksimal dapat Rp5 juta. Karena kondisi Covid-19 nanti penyaluran meskipun secara langsung akan tetap menerapkan protokol kesehatan,” jelas dia.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya