[ X ] CLOSE

BANTUAN SAPI: 17 Desa Terdampak Erupsi Merapi Dapat Bantuan Sapi

BANTUAN SAPI: 17 Desa Terdampak Erupsi Merapi Dapat Bantuan Sapi
SOLOPOS.COM - SOSIALISASI BANTUAN--Sejumlah kepala desa (kades) di Kecamatan Kemalang, Klaten mengikuti sosialisasi rencana penerimaan bantuan ternak dari program rehabilitasi dan rekonstruksi (RR) dari pemerintah pusat di Kantor Dispertan Klaten, Kamis (7/6/2012). (Moh Khodiq Duhri/JIBI/SOLOPOS)


SOSIALISASI BANTUAN–Sejumlah kepala desa (kades) di Kecamatan Kemalang, Klaten mengikuti sosialisasi rencana penerimaan bantuan ternak dari program rehabilitasi dan rekonstruksi (RR) dari pemerintah pusat di Kantor Dispertan Klaten, Kamis (7/6/2012). (Moh Khodiq Duhri/JIBI/SOLOPOS)

KLATEN–Sebanyak 17 desa di Kecamatan Kemalang dan Manisrenggo, Klaten yang terkena dampak erupsi Gunung Merapi 2010 lalu bakal menerima bantuan ternak berupa sapi.

Kepala Bidang (Kabid) Peternakan Pada Dinas Pertanian (Dispertan) Klaten, Sri Muryani Dwi Atmini, mengatakan bantuan ternak tersebut merupakan bagian dari program rehabilitasi dan rekonstruksi (RR) pascaerupsi Gunung Merapi dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Sebanyak 17 desa itu terdiri atas 13 desa di Kecamatan Kemalang dan empat desa di Kecamatan Manisrenggo. Ke-13 desa di Kemalang itu meliputi Balerante, Bawukan, Bumiharjo, Dompol, Kemalang, Kendalsari, Keputran, Panggang, Sidorejo, Talun, Tangkil, Tegalmulyo dan Tlogowatu. Sementara empat desa di Manisrenggo meliputi Leses, Kepurun, Ngemplak Seneng dan Sapen.

“Bantuan kami ratakan. Semua desa itu pasti dapat bantuan ternak. Akan tetapi, adil itu tidak harus sama. Masing-masing desa mendapatkan bantuan ternak dalam jumlah yang berbeda-beda,” terang Sri Muryani saat ditemui wartawan di sela-sela sosialisasi bantuan ternak kepada sejumlah kepala desa (kades) di Kemalang yang digelar di Kantor Dispertan Klaten, Kamis (7/6/2012).

Balerante Paling Banyak

Desa Balerante, kata Sri Muryani, akan mendapatkan bantuan ternak paling banyak yakni 50 ekor sapi perah. Bantuan 50 ekor sapi perah itu sesuai arahan dari BNPB karena Balerante merupakan desa terparah akibat erupsi Merapi 2010 lalu.  Sri Muryani menjelaskan, total bantuan RR di bidang peternakan senilai lebih dari Rp3 miliar. Bantuan itu akan diwujudkan dalam bentuk ternak sapi perah, sapi potong, peralatan kandang, konsentrat, dan lain sebagainya.

“Bantuan itu akan diberikan kepada kelompok masyarakat (pokmas). Setelah sosialisasi ini, kami meminta para kades membentuk pokmas calon penerima bantuan. Pada minggu ketiga bulan ini, rencana penerimaan bantuan itu harus disosialisasikan kepada semua pokmas,” kata Sri Muryani.

Sementara Kepala Desa Sidorejo, Suroso, mengatakan rencananya warganya akan mendapatkan 20 ekor sapi potong. Sejauh ini pihaknya belum membentuk pokmas yang akan mengelola bantuan ternak tersebut. “Rencananya memang 20 ekor sapi, tetapi saya tidak tahu nanti dapatnya berapa ekor,” ujar Suroso.



Berita Terkait
    Promo & Events
    Ekspedisi Ekonomi Digital 2021
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago