SOLOPOS.COM - Menu di Warung Gongso Solo (Istimewa/Facebook Warung Gongso Solo)

Solopos.com, SOLO — Situasi pandemi memberikan dampak besar di berbagai sektor. Salah satunya industri bisnis kuliner.

Tak sedikit orang harus kehilangan pekerjaan, namun di saat bersamaan banyak bisnis justru berkembang. Mereka terus berinovasi hingga menciptakan peluang baru di masa pandemi. Salah satunya yakni Warung Gongso Solo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Bisnis kuliner Indonesia ini didirikan pada September 2014 oleh mantan atlet bulutangkis, Dhaka Yudha Sakti. Warung Gongso merupakan usaha yang idenya datang dari kegemaran keluarga terhadap resep menu makanan yang dimasak dengan cara digongso.

“Berawal dari keinginan untuk membagikan kehangatan dari resep asli masakan rumahan ala ibu saya, saya memberanikan diri membuka usaha rumah makan bernama Warung Gongso. Prosesnya cukup panjang untuk memperkenalkan kuliner khas Warung Gongso ke masyarakat luas, namun strategi yang saya lakukan ternyata tepat sehingga kini Warung Gongso sudah memiliki tujuh cabang di kota Solo dan Surabaya,” ujar Dhaka dalam sesi interview via zoom meeting, Kamis (21/10/2021).

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Dukung Percepatan Digitalisasi Daerah, Grab & OVO Rilis Patriot di Solo

Tujuh tahun hadir di industri kuliner Indonesia, banyak tantangan dihadapi. Mulai dari persaingan sesama pelaku UMKM di bidang kuliner, perjuangan untuk memperkenalkan produknya ke masyarakat luas, hingga strategi dalam mempertahankan bisnis.

Selama berbisnis ada empat tips yang membuatnya bisa bertahan sampai sekarang. Pertama yakni tidak harus fokus pada keuntungan.

Goal utamanya yakni memberikan lapangan pekerjaan yang luas, menghadirkan hidangan kuliner dengan rasa enak, dan terus fokus untuk memperluas jangkauan usaha. Dhaka yakin jika semuanya sudah tercapai, keuntungan akan menghampiri bisnis dengan sendirinya.

Selanjutnya yakni rutin memberikan promosi, serta menghadirkan kemudahan bagi pelanggan. Sebagai salah satu upaya memberikan pengalaman transaksi yang mudah, cepat dan menguntungkan, Warung Gongso mengadopsi pembayaran digital seperti ShopeePay.

Baca Juga: Pertashop Dorong Bangkitnya Ekonomi di Tengah Pandemi

Selaku owner, Dhaka juga sering mengingatkan tim di Warung Gongso menawarkan pembayaran digital menggunakan ShopeePay kepada konsumen. “Agar konsumen mendapatkan keuntungan lewat promo cashback yang ditawarkan,” kata dia.

Tips terakhir yakni rendah hati dan jangan takut bermimpi. Walaupun saat ini Warung Gongso sudah cukup dikenal secara luas, kerendahan hati dan memiliki mimpi yang tinggi merupakan dua hal yang harus dipegang teguh.

Dhaka percaya bahwa pencapaian Warung Gongso saat ini tidak ia raih sendirian. Ia selalu berusaha semaksimal mungkin untuk menjaga agar tidak perlu memulangkan satu pun karyawannya.

Hingga hari ini, Warung Gongso tidak hanya mampu mempertahankan karyawannya, tetapi bahkan dapat membuka gerai baru dan menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang-orang yang terdampak pandemi. Penjualan yang cukup pesat membuatnya dipercaya sebagai salah satu merchant ShopeePay.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya