SOLOPOS.COM - Pemain Indonesia merayakan gol saat mencukur Nepal 7-0 pada laga terakhir Grup A kualifikasi Piala Asia 2023 di Stadion Jaber Al-Ahmad International, Kuwait, Rabu (15/6/2022) pukul 02.15 dini hari WIB. (PSSI)

Solopos.com, KUWAIT CITY–Timnas Indonesia mengakhiri penantian panjang 15 tahun tampil di Piala Asia. Pasukan Garuda tampil impresif dengan mencukur Nepal 7-0 pada laga terakhir Grup A di Stadion Jaber Al-Ahmad International, Kuwait, Rabu (15/6/2022) pukul 02.15 dini hari WIB.

Hasil itu memastikan Indonesia meraih satu tempat di Piala Asia 2023 lantaran menjadi salah satu dari lima peringkat kedua terbaik, dari enam grup di putaran ketiga kualifikasi. Sebelum pertandingan melawan Nepal, posisi Indonesia masih berada di peringkat terbawah atau peringkat keenam klasemen tim runner up terbaik.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Indonesia tertolong oleh Palestina yang berhasil menumbangkan Filipina dengan skor 4-0 pada laga terakhir Grup B, Selasa (14/6/2022). Filipina yang sebelumnya berada di atas Indonesia pada posisi runner up terbaik akhirnya tergusur ke urutan di bawah Garuda.

Baca Juga: Klasemen Akhir Tim Runner Up Terbaik Kualifikasi Piala Asia 2023

Indonesia pun menemani Yordania yang menjadi juara Grup A. Indonesia bakal mencatatkan lima kali penampilan di Piala Asia setelah tampil pada edisi 1996, 2000, 2004 dan 2007.

Dikutip dari Antara, tujuh gol Indonesia pada laga dini hari tadi dicetak oleh Muhammad Dimas Drajad, Witan Sulaeman (dua gol), Fachruddin Aryanto, Saddil Ramdani, Elkan Baggott dan Marselino Ferdinan.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mempertahankan strategi bermain dengan tiga bek tengah yaitu Elkan Baggott, Rizky Ridho dan sang kapten Fachruddin Aryanto, sama seperti saat melawan Kuwait dan Yordania. Shin menerapkan formasi 5-2-3 saat bertahan dan 3-4-3 kala menyerang.

Baca Juga: Piala Asia 2023 : Prediksi Indonesia Vs Nepal, Misi Akhiri Mimpi

Seperti diketahui, Indonesia mengawali kualifikasi dengan mengalahkan Kuwait 2-1 pada 8 Juni. Namun Garuda takluk 0-1 dari Yordania pada 12 Juni lalu.

Selain Indonesia, putaran final Piala Asia 2023 juga diikuti negara-negara di ASEAN. Mereka juga lolos sebagai runner up terbaik grup, yaitu Filipina (Grup B), Thailand (Grup C), dan Malaysia (Grup E).

Putaran final Piala Asia 2023 sebenarnya digelar di China. Namun Federasi Sepak Bola Tiongkok (CFA) secara resmi menginformasikan kepada Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) tidak dapat menjadi tuan rumah Piala Asia 2023 karena pandemi Covid-19 yang saat ini melanda.

Baca Juga: Runner Up Terbaik Kualifikasi Piala Asia Hari Ini, Indonesia Terbawah

AFC belum memutuskan tuan rumah baru untuk Piala Asia 2023. Mereka telah menyatakan bahwa akan memberi tahu negara yang dipilih menggantikan China saat waktunya tiba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya