SOLOPOS.COM - ilustrasi bantuan sosial tunai. (Solopos/Dok)

Solopos.com, SOLO — Bantuan sosial atau bansos dari APBD Kota Solo untuk warga terdampak penerapan PPKM darurat senilai Rp31,880 miliar segera cair. Jumlah penerimanya terdata sebanyak 42.507 orang.

DPRD Kota Solo meminta organisasi perangkat daerah (OPD) terkait segera merampungkan verifikasi data 42.507 calon penerima bantuan sosial (bansos) dari APBD Perubahan Solo 2021 itu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tujuannya agar data calon penerima benar-benar sudah fixed dan tak ada tumpang tindih. Dengan begitu anggaran bisa langsung dicairkan ketika evaluasi dari Gubernur Jateng terhadap APBD Perubahan 2021 sudah turun.

Baca Juga: Ada Pabrik Garmen di Rutan Solo, Pengelolaannya Profesional Lho!

Informasi yang dihimpun Solopos.com, APBD Perubahan 2021 sedang dikoreksi Gubernur Jateng. Diharapkan dalam waktu dekat ini evaluasi dari Gubernur sudah turun, sehingga bansos dari APBD Perubahan 2021 untuk warga Solo terdampak PPKM darurat bisa langsung dieksekusi.

Ketua Fraksi PKS DPRD Solo, Asih Sunjoto Putro, mengatakan anggaran untuk bantuan sosial masyarakat mencapai Rp31,880 miliar. Anggaran sebesar itu masuk dalam pos anggaran bansos dan belanja tidak tetap (BTT).

Sedangkan calon penerima bantuan itu sebanyak 42.507 sasaran dengan berbagai latar belakang. “Mereka adalah warga ber-KTP Solo yang terdampak pandemi Covid-19, belum menerima bantuan pusat dan provinsi,” ujarnya.

Baca Juga: 2 Bulan Tutup, Pekerja Tempat Hiburan Kota Solo Jualan Makanan Untuk Bertahan Hidup

Asih menerangkan masing-masing penerima bansos dari APBD Perubahan Solo untuk warga terdampak PPKMdarurat mendapat Rp250.000 per bulan. Bantuan tersebut akan diberikan selama tiga bulan berturut-turut. Sedangkan wujud bantuannya Asih belum tahu.

Bentuk Bantuan

Tapi ada dua kemungkinan bentuk bantuan tersebut, yaitu uang tunai atau paket bahan makanan. “Calon penerimanya seperti tukang parkir atau warga terdampak kebijakan penutupan jalan saat penerapan PPKM,” katanya.

Asih juga berharap evaluasi dari Gubernur Jateng terhadap APBD Perubahan Solo 2021 segera turun, sehingga anggaran bisa disalurkan kepada masyarakat. Harapan senada disampaikan Ketua Fraksi PDIP DPRD Solo, YF Sukasno.

Baca Juga: Tak Layak Huni dan Membahayakan, Bangunan Rusun Semanggi Solo Bakal Dirobohkan

“Saya harapkan bulan ini evaluasi dari Gubernur sudah turun. Tapi untuk penyaluran bantuan kepada masyarakat itu menjadi ranah eksekutif. Kalau kami di legislatif kan hanya persetujuan, realisasi di eksekutif,” urainya.

Ihwal bansos untuk warga terdampak pandemi Covid-19 dan penerapan PPKM darurat hingga Level 4, Sukasno mengapresiasi Pemkot Solo. Sebab nilai anggaran yang sudah disiapkan di perubahan APBD 2021 hingga Rp31,880 miliar.

Dengan anggaran sebesar itu menurutnya bisa menjangkau hingga 42.507 penerima. Tapi calon penerima bantuan ini khusus bagi warga terdampak pandemi Covid-19 yang tak mendapat bantuan pusat dan Pemprov Jateng.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya