SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA -- Bank dengan net income terbesar di Korea, KB Kookmin Bank, menjadi pemegang saham terbesar kedua di Bank Bukopin. Selangkah lagi, bank yang merupakan bagian KB Financial Group tersebut menjadi pemegang saham pengendali bank tersebut.

KB Kookmin Bank telah merealisasikan komitmennya mendukung penguatan likuiditas dan permodalan bank. Efektif Kamis (11/6/2020), KB telah menyetorkan dana segar ke Bank Bukopin.

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Direktur Operasi dan TI Bank Bukopin, Adhi Brahmantya, menyatakan proses KB menjadi pemegang saham pengendali baru masih berjalan, di regulator Indonesia maupun Korea Selatan.

Buka di Tengah Pandemi Covid-19, Ini Harapan Pengelola Tempat Karaoke di Solo

Untuk membuktikan komitmen KB sebagai salah satu pemegang saham utama Bank Bukopin, KB telah menyuntikkan dana untuk mendukung likuiditas bank.

Sebagai bank terbesar di Korea Selatan, akusisi KB Kookmin Bank terhadap Bukopin adalah pertanda positif di tengah lesunya sentimen pasar terhadap ekspansi bisnis dan perekonomian.

“Tentu hal ini adalah bukti bahwa akusisi KB Kookmin Bank [terhadap Bukopin] adalah langkah nyata dari optimisme terhadap Bank Bukopin. Sebagai bank penyalur kredit retail dengan potensi pertumbuhan yang berkelanjutan ke depannya,” terang Adhi dalam rilis yang diterima Solopos.com, Minggu (14/6/2020).

Sepekan Dirawat, 1 Korban Helikopter Jatuh di Kendal Meninggal Dunia

KB Kookmin Bank Mengincar Kepemilikan 51% Saham

Sementara itu, Direktur Manajemen Risiko Bank Bukopin, Jong Hwan Han, yang merupakan Direktur yang ditunjuk oleh KB, menambahkan dalam waktu dekat KB akan menjadi pemegang saham pengendali baru Bukopin dengan kepemilikan minimal 51%.

KB akan memenuhi proses dan ketentuan yang berlaku baik di Indonesia maupun di Korea Selatan.

Adhi berharap nasabah semakin yakin bertransaksi keuangan dengan Bukopin, mengingat sinergi dengan KB akan semakin kuat menopang pertumbuhan bisnis ke depan.

Gelapkan Mobil Rental Warga Kulonprogo, Pria Klaten Ini Ditangkap

KB Kookmin Bank resmi menjadi salah satu pemegang saham Bukopin melalui Penawaran Umum Terbatas IV (rights issue) Juli 2018. KB Kookmin Bank menjadi standby buyer setelah mendapatkan pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 29 Juni 2018.

Dari proses tersebut, KB Kookmin Bank menempatkan dana Rp1,46 triliun dan bank asal Korea Selatan tersebut menguasai 22% saham Bukopin.

KB Kookmin Bank merupakan bagian dari KB Financial Group. Bank yang berbasis di Korea tersebut tercatat sebagai bank dengan net income terbesar di Korea 2019.

Siap-Siap! PPDB Online TK-SMP di Wonogiri Dimulai 17 Juni 2020, Ini Teknisnya

Total Aset KB Financial Group Mencapai Rp9.350 Triliun

Saham KB Financial Group tercatat di Korea Exchange (“KRX”) sejak 10 Oktober 2008 dan di New York Stock Exchange (“NYSE”) sejak 29 September 2008.

Total aset KB Financial Group per 31 Desember 2019 mencapai KRW 789,6 triliun (ekuivalen Rp9.350 triliun).

KBFG telah mengembangkan sayapnya ke pasar global dengan jaringan tersebar di Inggris, Amerika Serikat, India, China, Hong Kong, Jepang, hingga Selandia Baru. Di Asia Tenggara, Kookmin melakukan ekspansi ke Kamboja, Vietnam, Laos, Myanmar, dan Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya