SOLOPOS.COM - Konstruksi salah satu bagian tol Semarang-Demak yang terintegrasi dengan tanggul laut Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah. (Badan Pengelola Jalan Tol)

Solopos.com, SEMARANG–Bank Jateng ikut serta dalam pembiayaan proyek jalan tol Semarang-Demak.

Dukungan tersebut terwujud dalam bentuk partisipasi Bank Pembangunan Daerah (BPD) tersebut pada kredit investasi yang diberikan senilai Rp350 miliar.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

Dari jumlah kredit investasi itu, Bank Jateng memberikan pembiayaan senilai Rp250 miliar.

Sementara Bank Jateng Syariah senilai Rp100 miliar.

Ekspedisi Mudik 2024

Penandatanganan perjanjian tersebut dilakukan pada 28 Juni 2022 di Jakarta.

Baca Juga: BSI Pimpin Sindikasi Proyek Tol Semarang-Demak Rp1,34 Triliun

Dalam Akta Perjanjian Kredit Sindikasi antara beberapa bank dengan PT Pembangunan Perumahan (PP) Semarang-Demak, tertuang total nilai sindikasi kredit senilai Rp3,8 triliun.

Nilai proyek pembangunan Tol Semarang-Demak seksi II di ruas Sayung dilaporkan mencapai Rp5,4 triliun.

“Di samping pembiayaan sindikasi tersebut, pada 2021 Bank Jateng juga telah berpartisipasi senilai Rp185 miliar pada pembiayaan sindikasi dengan BMRI dan BNI atas Dana Talangan Tanah Pembebasan Lahan untuk ruas tol Semarang-Demak seksi II tersebut,” jelas Direktur Utama Bank Jateng, Supriyatno, Sabtu (2/7/2022).

Ditargetkan, proses pembangunan Tol Semarang-Demak seksi II tersebut bakal rampung pada akhir tahun ini.

Sementara ini, perkembangan pengerjaan proyek telah mencapai 80,63%.

Baca Juga: Tol Atlantis Semarang-Demak Disebut Jadi Obat Banjir Rob, Kok Bisa?

“Pembangunan jalan tol Semarang-Demak ini dapat meningkatkan konektivitas di wilayah Jawa Tengah bagian utara, mengurangi kemacetan sekaligus menghubungan kawasan-kawasan strategis,” jelas Supriyatno.

Menurut Supriyatno, PSN tersebut bakal menghubungkan sejumlah kawasan strategis, yakni pelabuhan, bandara, kawasan industri, serta kawasan pariwisata sehingga dapat memberikan efek domino bagi perekonomian di sekitarnya.

Nantinya, tol tersebut juga memiliki tanggul laut yang berfungsi sebagai pengendalian banjir rob, dengan adanya fungsi kolam retensi.

Proyek pembangunan tersebut mampu menyerap sebanyak 2.604 pekerja padat karya sehingga dapat memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat di sekitar wilayah proyek.

Adapun proyek jalan tol Semarang–Demak sepanjang 27 km ini memiliki dua seksi yakni seksi Semarang Kaligawe–Sayung sepanjang 10,69 kilometer yang merupakan porsi pemerintah dengan target selesai konstruksi pada 2024.

Baca Juga: 46 Hektare Mangrove Terancam Tol Semarang-Demak, Relokasi Bukan Solusi

Sementara itu, untuk bagian seksi II ruas Sayung–Demak sepanjang 16,31 kilometer merupakan porsi pengerjaan bagi Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Pembangunan Perumahan Semarang Demak (PT PPSD).

Berita telah tayang di Bisnis.com berjudul Bank Jateng Dukung Pembiayaan Proyek Tol Semarang-Demak

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya