;

Banjir Rob Genangi Pesisir Pati, Tanggul Laut Jebol

Sejumlah desa di pesisir Kabupaten Pati, Jawa Tengah, digenangi banjir rob.
SHARE
Banjir Rob Genangi Pesisir Pati, Tanggul Laut Jebol
SOLOPOS.COM - Ilustrasi kebanjiran. (FreepiK)

Solopos.com, PATI — Banjir rob menggenangi sejumlah desa di pesisir Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Bencana ini terjadi akibat tingginya air laut yang menerjang pesisir pada Senin (23/5/2022).

Akibatnya, air laut menggenangi sejumlah rumah dan tambak ikan warga. Bukan hanya itu saja, tanggul laut di Desa Banyuwoto, Kecamatan Dukuhseti, jebol.

PromosiUMi Youthpreneur 2022 Bentuk Dukungan PIP Terhadap Wirausahawan Muda

“Kejadian menyebar di beberapa daerah. (Seperti) Desa Puncel, Desa Banyutowo Kecamatan Dukuhseti dan Tunggulsari, Kecamatan Tayu. Kami sudah mendapatkan laporan,” ujar Ketua Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati, Martinus Budi Prasetya, sebagaimana dikabarkan Murianews.com.

Dia menambahkan, rob kali ini lebih tinggi dari biasanya. Di tanggul Desa Banyutowo saja sampai jebol. Menurut warga baru kali ini setinggi ini,” lanjut dia.

Akibat kejadian ini, para warga mengalami kerugian antara ratusan juta rupiah hingga miliaran rupiah. Itu dikarenakan beberapa fasilitas dan area tambak ikut terdampak.

“Kerugian antara ratusan juta atau bahkan miliaran mas, terutama kerusakan di areal tambak,” ungkap Martinus.

Baca juga: Jembatan Juwana Pati Terbakar Hebat, Begini Kondisinya

Sementara itu, warga Desa Puncel, Jaiman menuturkan, air rob mulai naik di daerah sekitar pukul 10.00 WIB. Terus meninggi hingga puncaknya sekitar pukul 15.00 WIB.

“Ini membuat tambak di desa kami tergenang air rob. Ada puluhan tambak yang terkena padahal ikan nila dan bandeng sudah ada,” kata lelaki yang akrab disapa Pak Je ini.

Sebagai informasi, Kabupaten Pati adalah salah satu wilayah di pesisir pantura Jawa Tengah yang langganan diterjang rob atau banjir dari air laut. Hal ini terjadi akibat penurunan muka tanah dan abrasi yang terjadi di sepanjang pesisir pantai utara Jawa.

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago