Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Banjir Order Jelang Nikahan Kaesang, Perajin Kebut 50 Karangan Bunga per Hari

Pedagang dan perajin karangan bunga di Kota Solo kebanjiran order menjelang acara tasyakuran nikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono, Minggu (11/12/2022).
SHARE
Banjir Order Jelang Nikahan Kaesang, Perajin Kebut 50 Karangan Bunga per Hari
SOLOPOS.COM - Perajin karangan bunga di Jl Slamet Riyadi, Solo, mengerjakan pesanan karangan bunga ucapan selamat atas pernikahan Kaesang-Erina. Foto diambil Rabu (7/12/2022). (Solopos/Gigih Windar Pratama)

Solopos.com, SOLO — Pedagang dan perajin karangan bunga di Kota Solo kebanjiran order jelang acara nikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, dengan Erina Sofia Gudono, Minggu (11/12/2022).

Bahkan ada satu pedagang yang mendapatkan puluhan pesanan per hari sejak awal Desember. Tentunya, ini menjadi berkah bagi para perajin karangan bunga di Kota Solo. Omzet mereka bisa naik hingga tiga kali lipat dibanding hari biasa.

PromosiPromo Menarik, Nginep di Loa Living Solo Baru Bisa Nonton Netflix Sepuasmu!

Para pemesan ada yang order sejak satu bulan sebelum acara hingga beberapa hari menjelang pernikahan Kaesang-Erina. Semuanya dilayani dan dikerjakan oleh para perajin karangan bunga tersebut.

Sunaryo, salah satu pedagang bunga dan perajin karangan bunga di kawasan Pasar Kembang, Solo, mengaku sudah kebanjiran order sejak beberapa pekan lalu. Pesanan karangan bunga ucapan selamat untuk acara nikahan Kaesang dengan Erina sudah memenuhi buku tempatnya mencatat pesanan.

Berdasar catatannya, pada Oktober ada 58 pesanan, November 75 pesanan. Lalu mulai Senin (5/12/2022), sehari bertambah 30 pesanan. Semua pesanan itu baru bisa dikerjakan mendekati hari H supaya tidak rusak saat dikirim.

Baca Juga: Ngunduh Mantu Pernikahan Kaesang sesuai Tradisi Jawa, Tidak Wajib tapi Perlu

Akibatnya kini Sunaryo dan para pegawainya harus menyelesaikan puluhan pesanan agar bisa selesai tepat waktu. “Sudah banyak yang pesan bahkan dari Oktober itu sudah ada yang pesan cuma menunggu tanggal resminya waktu itu,” cerita Sunaryo kepada Solopos.com di tempat usahanya, Rabu (7/12/2022).

Kuis Solopos - Seru-seruan Asah Otak

Dikerjakan Lembur

“Sampai sekarang belum berhenti pesanannya masih terus datang. Hari ini sudah tambah lima lagi. Pegawai ya bekerja lembur dari pagi sampai sore dilanjut sampai pagi lagi supaya bisa selesai, kalau tidak bakal menumpuk,” jelasnya.

Pria berusia 55 tahun ini harus menambah pegawai agar bisa mengerjakan 50 karangan bunga per hari berisi ucapan selamat untuk acara nikahan Kaesang dengan Erina dari berbagai lembaga ataupun perorangan.

Baca Juga: Efek Bom Bunuh Diri di Bandung, Pengamanan Pernikahan Kaesang-Erina Diperketat 

“Mau enggak mau ya harus menambah pegawai sekarang, karena per harinya sejak akhir November itu harus mengerjakan hampir 50-an karangan bunga. Kalau tidak nambah karyawan tidak akan selesai tepat waktu,” ucapnya.

Hampir sama dengan Sunaryo, pedagang dan perajin karangan bunga lainnya, Utrik, yang berjualan di Jl Slamet Riyadi, Solo, juga kebanjiran pesanan karangan bunga untuk pernikahan Kaesang-Erina. Dalam sehari ia mendapatkan 10 pesanan karangan bunga untuk Kaesang-Erina.

Kilas Balik 2022 - Emagz Solopos

“Kalau di sini sehari bisa dapat 10 pesanan itu buat acaranya Kaesang, rata-rata memang mendadak seperti hari ini tiba-tiba nambah lima pesanan. Kami kerjakan, bahkan kalau hari H acara juga kami masih menerima untuk mengerjakan karangan bunganya,” ujar Utrik kepada Solopos.com, Rabu.

Baca Juga: Keroncong hingga Band Lokal Solo Siap Meriahkan Panggung Pesta Nikahan Kaesang

Harga Karangan Bunga

Harga karangan bunga yang dipesan bervariasi mulai dari Rp500.000 hingga jutaan rupiah, tergantung ukuran dan jenis bunga yang dipakai. “Rp500.000 itu paling murah, yang jutaan juga ada, tergantung bagaimana bentuknya sama jenis dan jumlah bunga yang digunakan seperti apa,” lanjut Utrik.

Mengenai ketersediaan bunga, Utrik mengaku tidak khawatir, karena suplai bunga di Kota Solo cukup lancar dan harganya tidak berubah. “Bunga kami ambil dari Ambarawa, cukup banyak dan memang yang kami pilih itu jenis bunga yang tahan lama. Sejauh ini kalau soal harga atau ketersediaannya masih aman,” terang Utrik.

Sementara itu, Maria, pedagang bunga di Pasar Kembang Solo mengaku bisa mendapatkan omzet tiga kali lipat dibandingkan biasanya. “Puji Tuhan memang pesanannya sedang banyak dibanding hari-hari biasa, pendapatan juga jelas bertambah jadi tiga kali lipat dibandingkan biasanya,” ujarnya.

Baca Juga: Wapres Ma’ruf Amin akan Sampaikan Khotbah Nikah di Pernikahan Kaesang-Erina

Ia mengatakan kebanyakan karangan bunga itu untuk ucapan selamat atas pernikahan Kaesang-Erina. “Sehari bisa sampai puluhan yang pesan, kami kerjakan dengan baik dan semaksimal mungkin,” ujarnya.



Info Digital Tekno
Indeks
Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Info Perbankan
Indeks
Interaktif Solopos
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Kuis Solopos - Seru-seruan Asah Otak
      Emagz Solopos
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Interaktif Solopos
      Kuis Solopos - Seru-seruan Asah Otak
      Solopos Stories
      Part of Solopos.com
      ISSN BRIN
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode