SOLOPOS.COM - Banjir di Kecamatan Jatiroto, Wonogiri, Kamis (1/2/2021). (Istimewa)

Solopos.com, WONOGIRI -- Satu unit mobil terseret arus air dan masuk ke lahan milik warga setelah memaksa menyeberang jalan yang tergenang banjir di Dusun Sawit, RT 003/RW 001, Desa Pesido, Kecamatan Jatiroto, Wonogiri, Kamis (1/4/2021).

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Camat Jatiroto, Suparmo, mengatakan mobil yang terseret arus itu merupakan milik warga Desa Pingkuk, Jatiroto, Wonogiri.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

"Banjirnya meluap ke jalan. Kemudian mobil itu memaksa menyebrang jalan yang ada luapan banjir, sehingga terbawa arus dan masuk lahan warga," katanya saat dihubungi Solopos.com, Kamis malam.

Baca Juga: FKKD Sragen Soroti Hilangnya Passing Grade Pada Uji Kompetensi Pengisian Perdes

Ia memastikan tidak ada korban jiwa maupun luka akibat banjir di wilayah Jatiroto, Wonogiri, tersebut. "Mobil itu berisi satu sopir dan dua penumpang. Mereka berhasil dievakuasi dulu, yang hanyut ke lahan warga itu hanya mobilnya. Tapi ini mobilnya sudah berhasil dievakuasi juga. Kejadiannya sekitar pukul 18.00 WIB," ungkapnya.

Selain itu, kata Suparmo, hujan lebat yang mengguyur Jatiroto pada Kamis sore juga mengakibatkan sejumlah air sungai di Kelurahan Jatiroto meluap. Salah satunya jalur sungai arah SMKN 1 Jatiroto, jalur sungai Janggan dan jalur sungai Suropati (areal persawahan).

banjir jatiroto wonogiri
Mobil yang terseret arus saat memaksa menyeberang genanngan banjir di Jatiroto, Wonogiri, Kamis (1/4/2021) petang. (Istimewa)

Menggenangi Sawah

Kejadian itu terjadi sekitar pukul 17.30 WIB. "Akibatnya banjir menggenangi SMK dan lahan pertanian sepanjang jalur sungai. Kerugiannya areal sawah yang baru saja ditanami terendam. Arus transportasi terhenti sementara. Tidak ada korban jiwa dan kerugian dalam proses estimasi," ujarnya.

Baca Juga: Tutup Selama Pandemi, Museum Sangiran Sragen Buka Lagi Mulai 10 April

Sementara itu, lanjutnya, rumah Joko Santosa, warga Sawit RT 002/RW 001, Desa Pesido, Jatiroto, Wonogiri, sempat terendam banjir dengan ketinggian 60 sentimeter. Kejadian sekitar pukul 18.15 WIB. "Saat ini air sudah surut. Tidak ada korban jiwa. Warga gotong-royong membersihkan lumpur," kata Suparmo.

Hujan dengan intensitas tinggi di Kecamatan Jatisrono, Wonogiri, juga sempat mengakibatkan jalan di Desa Jatisrono RT 002/RW 001, terendam banjir. Hal itu diungkapkan oleh Camat Jatisrono, Suradi, saat dihubungi Solopos.com, Kamis malam.

"Memang hujannya deras dan lama, sehingga air hujan meluap ke jalan. Tapi saat ini sudah bisa dilalui, normal. Selain ke jalan air juga meluap ke areal persawahan. Namun tidak ada korban jiwa," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya