BANJIR JATENG : 4 Kabupaten di Jateng Darurat Bencana

SHARE
BANJIR JATENG : 4 Kabupaten di Jateng Darurat Bencana
SOLOPOS.COM - Ilustrasi banjir (JIBI/Solopos/Dok.)

Solopos.com, KUDUS — Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menetapkan 4 kabupaten di Jawa Tengah berstatus darurat bencana. “Keempat kabupaten tersebut, yakni Kabupaten Kudus, Demak, Jepara, dan Pati,” ujarnya ketika ditemui setelah mengunjungi pengungsi akibat banjir di Graha Mustika, Desa Getas Pejaten, Kecamatan Jati, Kudus, Rabu (22/1/2014).

Darurat bencana itu ditetapkan terkait banjir yang menggenangi ke-4 kawasan itu. Menurut dia, salah satu penyebab bencana banjir yang terjadi saat ini adalah tingginya curah hujan tinggi yang menyebabkan air tidak tertampung dan menggenangi permukiman warga. Ia berharap, kondisi banjir saat ini segera ditangani oleh masing-masing pemerintah setempat.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Langkah selanjutnya, katanya, dengan melakukan normalisasi sungai. Selain itu, dia juga meminta kepedulian masyarakat setempat untuk menjaga lingkungan masing-masing.

Surat untuk Bunda Selvi Gibran

Upaya lain mengurangi dampak banjir, menurut Ganjar adalah dengan membangun waduk. “Jika masyarakat bersedia, tentunya pemprov juga siap membantu merealisasikannya, termasuk di Kabupaten Kudus,” ujarnya.

Tiga hari lalu, Pemprov Jateng juga sudah berkoordinasi dengan bupati dan wali kota untuk menyiapkan kebutuhan logistik kepada para korban bencana alam itu. Apabila masih mengalami kekurangan logisitik, dia mempersilakan untuk menghubungi Pemprov Jateng.

“Hal terpenting dengan peristiwa bencana alam ini, yakni pemberian bantuan makanan agar tidak ada pengungsi yang telantar,” ujarnya.

Ia berharap, setiap daerah yang mengalami bencana alam, terutama banjir, untuk segera menginformasikan keberadaan posko penampungan pengungsi. Langkah itu diharapkan memudahkan warga yang hendak mengungsi.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago