SOLOPOS.COM - Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, saat meninjau banjir di Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati, yang tak kunjung surut lebih dari sepekan terakhir, Rabu (11/1/2023). (Solopos.com-Humas Pemprov Jateng)

Solopos.com, PATI — Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, meminta polder, kolam retensi, rumah pompa, serta tanggu di Juwana, Kabupaten Pati, segera dibangun pada tahun 2023 ini. Menurutnya, pembangunan infrastruktur itu mampu membebaskan warga Juwana, Pati, dari banjir musiman yang selama ini kerap terjadi.

“Pati ini ada beberapa karakteristik daerah yang memang cekungan. Ini tidak bisa dibiarkan hanya pasrah pada alam karena tantangan berikutnya adalah rob. Setiap bulan purnama pasti akan ada sea level raise, kenaikan muka air laut, yang itu nanti akan balik airnya dan di area-area pesisir pasti akan terdampak,” kata Ganjar saat mengecek banjir di Desa Doropayung, Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati, Rabu (11/1/2023).

Promosi Tenang, Asisten Virtual BRI Sabrina Siap Temani Kamu Penuhi Kebutuhan Lebaran

Banjir yang terjadi di Desa Doropayung, Kecamatan Juwana, merupakan salah satu contoh banjir musiman yang sering dihadapi warga. Bahkan pada tahun 2014 silam tercatat menjadi banjir terbesar di daerah itu.

Selain daerah itu, masih ada sejumlah area lain di wilayah Pati yang juga menjadi langganan banjir saat memasuki musim hujan. Ganjar sudah meminta PJ Bupati, Camat, Kades, dan PUPR untuk membantu memetakan daerah-daerah rawan banjir itu. Bahkan Ganjar sudah berkomunikasi langsung dengan Menteri PUPR terkait banjir di Pati dan Kudus karena dua wilayah itu berkaitan.

“Di area cekungan memang harus dengan reengineering, teknik, apakah ditanggul, tadi usulannya dibuat polder, terus kemudian dipompa. Jadi kolam-kolam retensinya dibuat. Nah Pati harus punya itu, kalau tidak ini begini [banjir]. Ketika kita melihat masyarakat seperti itu ya teknis penanganannya tidak boleh lama, 2023 ini mesti ditangani,” jelasnya.

Teknis penanganan itu, lanjut Ganjar, akan dikerjakan bersama antara Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Pemerintah Kabupaten Pati, Kementerian PUPR, dan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS).

“Tugas kami dari pemerintah adalah mencarikan sumber anggarannya. Nah secara teknis nanti saya minta PUPR untuk mendesain area-areanya, titik-titiknya, nanti kerja sama dengn BBWS. Biar kami memfasilitasi dari provinsi sehingga ini mesti diselesaikan secara lebih komprehensif,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya