Banjir di Laweyan Solo Meluas, Air Sempat Masuk ke Pasar Jongke

Pasar Jongke, Laweyan, Solo, sempat kemasukan air banjir akibat luapan Kali Jenes saat hujan deras melanda Kota Bengawan, Jumat malam.
SHARE
Banjir di Laweyan Solo Meluas, Air Sempat Masuk ke Pasar Jongke
SOLOPOS.COM - Kondisi Pasar Jongke, Laweyan, Solo, yang sempat kemasukan air banjir saat hujan deras, Jumat (21/1/2021). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Banjir akibat hujan deras dan meluapnya air Kali Jenes di Laweyan, Solo, Jumat (21/1/2022) malam, meluas. Bahkan air sempat masuk ke dalam Pasar Jongke.

Informasi yang diperoleh Solopos.com dari tim rescue Laweyan, air mulai masuk ke Pasar Jongke sekitar pukul 20.00 WIB. Sukarelawan membuat pengumuman melalui grup Whatsapp Linmas agar para pedagang atau warga yang punya kerabat pedagang Pasar Jongke segera mengevakuasi barang dagangan mereka.

PromosiOrang Solo Suka Belanja Gadget di Tokopedia, Seller Untung 2 Kali Lipat

Baca Juga: Kali Jenes Meluap, Pajang Solo Banjir dengan Ketinggian sampai 1 Meter

“Bagi yang punya saudara di Pasar Jongke mohon untuk segera ke pasar karena air sudah mulai masuk ke area asar. Mohon bagi saudara yang belum datang ke Pasar Jongke segera merapat karena posisi air sudah masuk ke arah pasar, masuknya sangat cepat sekali,” demikian pengumuman melalui rekaman suara yang tersebar di grup Linmas Laweyan, Jumat malam.

Budi Agung dari tim Rescue Laweyan menginformasikan sekitar pukul 21.50 WIB, banjir akibat luapan Kali Jenes di Pasar Jongke, Solo, sudah mulai surut. Namun debit air sungai di dekatnya masih tinggi.

Baca Juga: Hujan Deras, Puluhan Rumah di Jogobayan Setabelan Solo Kebanjiran

Masuk Rumah Warga Serengan

Informasi lain di grup Linmas yang ditujukan kepada Sibat Serengan menyebutkan sekitar pukul 20.00 WIB air di tanggul barat pintu juga sudah meluap masuk ke rumah-rumah warga.

Beberapa wilayah di Kelurahan Bumi, Laweyan, juga dilanda banjir. Namun, Ketua RW 007 Bumi, Didik, menginformasikan sekitar pukul 21.50 WIB air mulai surut.

Baca Juga: 100-An Rumah di Todipan Purwosari Solo Kebanjiran, Gibran Minta Maaf

Warga terdampak banjir mengungsi di tiga posko yang disediakan yakni di Masjid Nur Khasanah RW 006, di rumah Ketua RT 003/RW 007, dan pos ronda/bale warga RW 005.

Sebelumnya, banjir dengan ketinggian sampai 1 meter yang diakibatkan meluapnya air Kali Jenes menerjang wilayah Pajang. “Ini di beberapa lokasi, banyak kok, tempatnya mencar-mencar. Ada yang di RT 8 RT 1 RW 4, RT 8 RW 9, RT 8 RW 10, juga di daerah Baron Cilik. Pokoknya [wilayah] yang dilewati aliran Kali Jenes ini,” terang Kepala BPBD Solo, Nico Agus Putranto.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago