SOLOPOS.COM - Jemaah Masjid Siti Aisyah Manahan, Solo, menjalani iktikaf di malam 23 Ramadan 1442 Hijriyah, Selasa (3/5/2021). (Solopos/Ika Yuniati)

Solopos.com, SOLO – Kota Solo yang luasnya 44,02 km per segi hanya memiliki lima kecamatan. Dari kelimanya, Kecamatan Banjarsari menjadi kecamatan dengan masjid dan gereja paling banyak di Kota Solo.

Berdasarkan data Kota Surakarta dalam Angka 2021 yang dipublikasikan di laman Badan Pusat Statistik (BPS), total tempat ibadah di Kota Bengawan mencapai 1.099.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Angka 1.099 itu terdiri atas 684 masjid, 209 musala, 190 gereja Kristen, enam gereja Katolik, enam pura, dan empat wihara.

Baca Juga: Wow! Klaten Jadi Daerah dengan Masjid Terbanyak di Jateng

Dengan jumlah paling banyak di Solo, Kecamatan Banjarsari memiliki 234 masjid dan 54 musala. Di bawahnya, ada Kecamatan Jebres yang punya 171 masjid dan 52 musala.

Di posisi ketiga, ada Kecamatan Laweyan dengan 193 masjid dan 59 musala. Selanjutnya ada Pasar Kliwon dengan 97 masjid serta 41 musala.

Kecamatan Serengan berada di tempat terakhir dengan total 43 masjid dan tiga musala.

Baca Juga: Terbanyak di Jawa Tengah, Segini Jumlah Masjid di Klaten

Selain punya masjid paling banyak di Solo, jumlah gereja di Kecamatan Banjarsari juga menjadi yang paling banyak. Ada 75 gereja Kristen di Banjarsari namun tak ada gereja Katolik.

Kecamatan Jebres memiliki 67 gereja kristen, dua gereja katolik, tiga pura, dan tiga wihara. Di Kecamatan Pasar Kliwon, ada 12 gereja kristen, dua gereja katolik, dan satu pura.

Selanjutnya, Kecamatan Serengan punya 20 gereja kristen dan satu wihara. Sedangkan Kecamatan Laweyan mempunyai 16 gereja kristen, dua gereja katolik, dan satu pura.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya