Bangga Produk UMKM Solo Masuk Uniqlo, Gibran sampai Live Instagram

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengaku bangga produk-produk UMKM Solo bisa tembus dan dipasarkan Uniqlo.
Bangga Produk UMKM Solo Masuk Uniqlo, Gibran sampai Live Instagram
SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, mendampingi Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Menkop, dan UKM Teten Masduki (kedua dari kanan) meninjau produk UKM di Uniqlo Solo Neighborhood Solo Paragon Lifestlye Mall, Selasa (28/9/2021). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengungkapkan kebanggaannya karena produk-produk UMKM Solo bisa tembus dan dijual di gerai-gerai Uniqlo. Ia bahkan sampai membuat tayangan live di akun Instagram-nya untuk memamerkan hal tersebut.

Siaran langsung atau live Instagram itu dilakukan Gibran saat mendampingi Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki mengunjungi gerai Uniqlo di Solo Paragon Mall, Selasa (28/9/2021).

Sebanyak 96 UMKM Kota Solo berpartisipasi dalam program kolaborasi Neighborhood yang merupakan instalasi area toko-toko Uniqlo Indonesia yang menampilkan produk lokal.

Baca Juga:  Begini Kata Sosiolog UNS tentang Fenomena Pijat Plus-Plus di Solo

Hingga kini program tersebut telah hadir di 15 kota Indonesia, salah satunya Solo. Program tersebut dievaluasi setiap enam bulan untuk memberikan kesempatan kepada lebih banyak pelaku UMKM di Kota Solo masuk Uniqlo.

Corporate Affairs Director PT Fast Retailing Indonesia, Irma Yunita, mengatakan program yang diluncurkan pada 2019 itu merupakan bentuk komitmen dalam mendukung upaya pemerintah menumbuhkan UMKM lokal.

Tanda Tangan MoU

Pada kunjungi Menteri Teten itu sekaligus dilakukan penandatanganan memorandum of understanding (MoU) dengan pejabat dari Kemenkop UKM).

Baca Juga: Kesaksian Warga Solo Tinggal di Depan Markas PKI di Pasar Kembang

Hadir dalam acara itu Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki dan jajaran serta Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming. “Melalui program kolaborasi Neighborhood kami mendukung penumbuhan UMKM lokal,” terang Irma.

Ia menjelaskan penandatanganan MoU diharapkan dapat semakin membuka peluang kerja sama pelaku UMKM lokal dengan pengusaha besar. Dengan begitu produk UMKM semakin mampu bersaing di pasar lokal dan global.

Teten Masduki mengatakan para pelaku UMKM perlu mendapatkan akses pasar yang lebih luas, seperti Uniqlo. Dengan begitu produk UMKM lokal bisa naik kelas dan perekonomian Tanah Air semakin menggeliat.

Baca Juga: Kebun Warga untuk Pengembangan Ekonomi dan Bantu Cegah Stunting

Menurut Teten, sudah saatnya produk-produk UMKM lokal bisa dipajang dan dipasarkan di pusat-pusat perbelanjaan modern atau mal. Untuk mewujudkan hal itu dia menilai perlunya transfer pengetahuan dan model bisnis. “Selain menarik akses masuk market yang besar, para pelaku UMKM bisa belajar lebih banyak,” ungkapnya.

Mengukur Pembiayaan

Dalam waktu dekat, lanjutnya, Kemenkop UMKM juga akan bekerja sama dengan dengan toko-toko modern lain. Teten mencontohkan di bidang furnitur ada Ikea.

“Jadi pendekatan market sangat penting bagi UMKM untuk kepastian pasar atau harga guna bisa mengukur pembiayaan, sehingga menarik investasi dari bank,” terangnya.

Baca Juga: Pengumuman! SIPA Hybrid Festival 2021 Pindah Lokasi ke TSTJ Solo

Sementara itu, Gibran mengatakan bangga dengan masuknya beberapa produk UMKM Solo ke gerai Uniqlo Solo Paragon Mal. Ia pun sempat melakukan siaran live melalui akun Instagram miliknya di lokasi.

Ia menunjukkan produk-produk UMKM yang telah berhasil menembus pasar mal melalui gerai Uniqlo Solo Paragon.

Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago