SOLOPOS.COM - Desa Kebonan, Kecamatan Karanggede, Kabupaten Boyolali, meresmikan kendaraan operasional BUMDes Kebonan Mandiri, yakni satu unit mobil Esemka Bima 1.3, belum lama ini. (Istimewa)

Solopos.com, BOYOLALI -- Untuk mengapresiasi produk dalam negeri, Pemerintah Desa Kebonan, Kecamatan Karanggede, Boyolali memanfaat mobil Esemka sebagai kendaraan operasional badan usaha mereka. Selain dibuat oleh anak bangsa, mobil Esemka juga dibuat di Boyolali.

Kepala Desa Kebonan, Yassir Jatmika, meresmikan kendaraan operasional badan usaha milik Desa (BUMDes) Kebonan Mandiri itu pada Kamis (28/1). Kendaraan pikap Esemka Bima 1.3 tersebut nantinya menjadi sarana penunjang kegiatan usaha BUMDes Kebonan Mandiri.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

"Hal yang utama adalah karena itu produk dalam negeri, buatan kita [Indonesia] sendiri. Mobil akan digunakan sebagai sarana menunjang mobilitas usaha BUMDes. Misal untuk sarana pengadaan sembako, kalau orang Jawa [bilang] untuk kulakan, juga untuk mengantar barang," jelas Yassir, Sabtu (30/1/2021).

Ekspedisi Mudik 2024

Pihaknya juga berharap masyarakat bisa memiliki rasa bangga dan cinta kepada produk dalam negeri, salah satunya Esemka. Untuk itu BUMDes Kebonan Mandiri pun bersedia untuk memfasilitasi warga yang tertarik dan ingin membeli Esemka.

"Kalau dikatakan kerja sama secara resmi [dengan Esemka] belum. Istilah kami membangun kemitraan dengan Esemka, kalau ada yang beli kami bisa memfasilitasi, artinya ini jadi satu terobosan usaha baru bagi BUMDes," lanjut dia.

Pada peresmian kendaraan operasional tersebut, juga diselingi dengan acara uji coba kendaraan oleh Camat Karanggede, Ari Wahyu Prabawa dan Kades Kebonan. Camat mendukung langkah BUMDes Kebonan Mandiri menggunakan mobil Esemka sebagai kendaraan operasional. Menurutnya itu merupakan langkah bagus untuk mengapresiasi hasil karya bangsa. "Ini aksi nyata gerakan cinta dan bangga produk dalam negeri," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya