SOLOPOS.COM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno ketika menjadi pembicara kunci pada acara Aksi Afirmasi Pembelian dan Pemanfaatan Produk Dalam Negeri Dalam Rangka Bangga Buatan Indonesia di JCC, Senayan, Jakarta, Senin (25/4/2022). (Antara/Dhemas Reviyanto)

Solopos.com, SOLO – Kementerian Dalam Negeri menerapkan afirmasi kepada pemerintah daerah agar menggunakan produk atau jasa dari pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) serta koperasi.

Sebanyak 40% alokasi anggaran belanja barang dan jasa dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) harus dibelanjakan ke UMKM dan koperasi.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Kata-katanya afirmasi yang artinya memaksa atau imperatif biar lebih nendang,” kata Menteri Dalam Negeri, M. Tito Karnavian, ketika memberikan sambutan di acara Aksi Afirmasi Pembelian dan Pemanfaatan Produk Dalam Negeri Dalam Rangka Bangga Buatan Indonesia atau Business Matching Tahap II di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Senin (25/4/2022). Penjelasan lengkap tersaji di Pemerintah Terapkan Afirmasi 40% Belanja APBD ke UMKM dan Koperasi.

Hasil survei terbaru Charta Politika Indonesia menunjukkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berada di posisi teratas dalam elektabilitas sebagai kandidat presiden dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Pada survei-survei lain sebelumnya yang dilakukan lembaga-lembaga survei lain, elektabilitas Menteri Pertahanan Prabowo Subianto jamak selalu di peringkat teratas. Pada survei Charta Politika terbaru itu elektabilitas Ganjar menyalip tingkat keterpilihan  Prabowo. Data lengkap bisa dibaca di Elektabilitas Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto Bersaing Ketat.

Status Gunung Anak Krakatau naik dari Waspada menjadi Siaga per Minggu (24/4/2022). Gunung di perairan Selat Sunda, antara Provinsi Banten dan Lampung, ini pernah menyebabkan tsunami di Selat Sunda pada 22 Desember 2018.

Petugas Pos Pantau Gunung Anak Krakatau di Lampung Selatan, Andi,  menjelaskan status itu sejak Minggu pukul 18.00 WIB. Saat itu, Gunung Anak Krakatau terdengar mengeluarkan suara gemuruh dan terus erupsi dengan mengeluarkan sinar api. Penjelasan lengkap bisa dibaca di Naik Level Siaga, Anak Krakatau Pernah Sebabkan Tsunami Selat Sunda.

Berawal dari kehendak menghidupi banyak orang, pemuda asal Sragen, Jawa Tengah, Achmad Zaky, mendirikan Bukalapak dengan modal awal Rp90.000 pada 2010. Tiga kunci sukses membesarkan Bukalapak hingga bermanfaat bagi jutaan orang.

Achmad Zaky memang sudah mundur dari posisi Chief Executive Officer (CEO) Bukalapak sejak awal 2020, namun ia tidak bisa dipisahkan dari Bukalapak. Kisah lengkap tersaji di 3 Kunci Sukses Achmad Zaky Besarkan Bukalapak dari Modal Awal Rp90.000.

Petani porang di Indonesia diminta tak tergiur menjual porang saat harga anjlok. Mereka sebaiknya mengurus registrasi lahan sesuai permintaan negera tujuan ekspor. China yang menjadi tujuan utama ekspor porang mensyaratkan registrasi lahan pembudidayaan porang.

Petani yang tidak segera registrasi dipastikan menjual porang kepada tengkulak yang berdampak pada miringnya harga. Tengkulak lantas mengolah porang menjadi keripik (chips), menjualnya ke negara ketiga (di antaranya, Vietnam dan Myanmar), baru kemudian dikirim ke China. Duduk perkara bisa dibaca di Masih Komoditas Primadona, Tengkulak Bikin Harga Porang Turun.

Konten-konten premium di kanal Espos Plus menyajikan pembahasan dengan sudut pandang tajam, komprehensif, dan berdata lengkap. Konten premium berupaya menyajikan jurnalisme yang berkualitas. Silakan mendaftar terlebih dulu untuk mengakses konten-konten premium tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya