SOLOPOS.COM - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, saat melihat bola produksi PT Global Way Indonesia (GWI) yang ada di Kabupaten Madiun, Kamis (16/6/2022). (Istimewa/Pemprov Jatim)

Solopos.com, MADIUN — Siapa sangka bola resmi Piala Dunia 2022 ternyata buatan pabrik bola yang ada di Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Bola resmi piala dunia itu diproduksi oleh PT Global Way Indonesia (GWI).

Secara resmi, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, melepaskan ekspor 50.000 buah bola piala dunia ke lima negara pada Kamis (16/6/2022) di halaman PT GWI yang ada di Jalan Raya Pilangkenceng, Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun. Bola yang diberi nama Al Rihla produksi dari GWI itu akan diekspor ke Uni Emirat Arab, Jerman, Inggris, Amerika Serikat, dan Brazil.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Khofifah mengaku bangga Provinsi Jatim bisa ikut berkontribusi dalam gelaran Piala Dunia 2022 di Qatar dengan memproduksi bola. PT GWI mendapatkan kepercayaan dari Adidas untuk memproduksi bola piala dunia pada tahun ini.

“Semoga di piala dunia selanjutnya, bukan cuma bola, tapi Timnas Indonesia juga bisa berlaga. Aamiin ya rabbal alamin,” kata Khofifah yang dikutip dari siaran pers.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Bank Indonesia Kediri Sosialisasi CBP Rupiah di Madiun, Ini Tujuannya

Dia menuturkan kapasitas produksi PT GWI ini mencapai 1 juta bola dalam setahun.

Pelepasan ekspor ini ditandai dengan pemecahan kendi oleh gubernur bersama Bupati Madiun Ahmad Dawami Ragil Saputro dan General Manager Long Way Group Jeftha Wardojo.

Khofifah menyampaikan puluhan ribu bola tersebut dikirim ke lima negara yang kualitas sepak bolanya diakui dunia.

Diharapkan capaian tersebut bisa menjadi pengungkit pertumbuhan ekonomi di seluruh Jawa Timur serta menjadi referensi dan gravitasi bagi sektor industri lainnya.

Baca Juga: Pencurian Bermodus Pecah Kaca Mobil di Madiun, Uang Rp150 Juta Raib

“Terima kasih karena saya diberi kesempatan untuk menyaksikan bahwa dari Kampung Pesilat Kabupaten Madiun ini melalui Global Way Indonesia telah diberi kepercayaan oleh Adidas untuk menyiapkan bola pada FIFA World Cup 2022 di Qatar. Ini kesempatan luar biasa,” jelasnya.

Bupati Madiun, Ahmad Dawami Ragil Saputro, mengaku baru mengetahui PT GWI ini memproduksi bola untuk Piala Dunia 2022. Selain itu pabrik tersebut juga memiliki standar internasional.

General Manager Long Way Group, Jeftha Wardojo, mengatakan PT GWI memproduksi berbgaai macam aksesoris olahraga termasuk bola.

Dia menuturkan GWI menyiapkan sebanyak 50.000 bola untuk dikirim ke Amerika Serikat, Jerman, Uni Emirat Arab, Inggris, dan Brazil.

“Mohon doanya semoga semua berjalan dengan baik,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya