SOLOPOS.COM - Sejumlah siswa menongkrong di kawasan Stadion Sriwedari, Solo, sesuai PTM, Rabu (5/1/2022). (Solopos/Afifa Enggar Wulandari)

Solopos.com, SOLO — Sejumlah pelajar di Kota Solo membandel dan nekat menongkrong seusai pembelajaran tatap muka atau PTM di sekolah yang baru dimulai awal pekan ini. Mereka antara lain terlihat di Stadion Sriwedari Solo, Rabu (5/1/2022).

Beberapa dari mereka bahkan ada yang masih memakai seragam sekolah. Mereka menongkrong bergerombol sambil menikmati minuman yang cukup terkenal di Kota Solo, Es Kapal.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

PTM semester genap 2021/2022 telah berlangsung sejak Senin (3/1/2022) dan masih menjadi euforia bagi sebagian siswa. Termasuk siswa kelas XI salah satu SMK negeri di Solo yang berdomisili Baki, Sukoharjo, Fatah.

Baca Juga: PTM Solo: Kantin Sekolah Masih Tutup, Siswa Harus Bawa Bekal dari Rumah

Fatah mengakui PTM menjadi hal yang menyenangkan setelah libur semester. Pelajar tersebut menongkrong di kawasan Stadion Sriwedari, Solo, sebab masih ada keperluan untuk datang kembali ke sekolah pada hari itu juga.

“Senang, bisa ketemu teman-teman. Ini tadi ke sekolah pukul 07.00 WIB sampai 11.00 WIB, nanti mau ambil seragam pukul 14.00 WIB, daripada pulang kan jauh,” kata Fatah saat ditemui Solopos.com, Rabu (5/1/2022).

Hal senada disampaikan siswi kelas XII lainnya dari salah satu SMA di Solo, Salwa. Ia bersama satu kawannya memilih beristirahat dan membeli makanan di kawasan Stadion Sriwedari setelah PTM selesai.

Baca Juga: Gerbang Belakang UNS Solo Dibuka Kembali, bakal PTM 100%?

Tanggapan Sekolah

“Tadi kelas dapat sif pagi, mulai pukul 07.00 WIB sampai 09.00 WIB, terus ini istirahat sebentar sambil makan, setelah ini kami juga pulang,” terang Desvina.

Para pelajar yang menongkrong di kawasan Sriwedari, Solo, tersebut memakai masker. Sementara itu, Kepala Urusan Tata Usaha MAN 2 Solo, Febriana Kusanindya, menuturkan sekolah bersama jajaran telah melakukan edukasi dan audiensi kepada orang tua dan siswa sebelum melaksanakan PTM.

“Kami sudah berusaha mengedukasi orang tua dan siswa, lewat video, audiensi juga, untuk selalu menaati protokol kesehatan. Setelah selesai PTM langsung pulang. Kami tegaskan itu,” katanya.

Baca Juga: Sekolah di Solo Boleh PTM Tiap Hari, IDAI Keluarkan Sederet Rekomendasi

Febriana menambahkan sekolah akan selalu mengingatkan siswa untuk segera pulang apabila pembelajaran telah selesai. “Silakan kalau memang hendak belajar bareng itu boleh, tapi kalau hanya nongkrong-nongkrong ya dihindari dulu,” katanya.

Sebelumnya, perilaku pelajar menongkrong seusai mengikuti PTM juga pernah terjadi. Petugas Satpol PP Solo beberapa kali menertibkan mereka agar langsung pulang seusai PTM agar tidak menimbulkan kerumunan dan berpotensi tertular Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya