Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Bandara Ngloram Diminta Buka Penerbangan Komersial Lagi, Ini Kata Bupati Blora

Bandara Ngloram di Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah (Jateng), diminta untuk kembali melayani penerbangan komersial.
SHARE
Bandara Ngloram Diminta Buka Penerbangan Komersial Lagi, Ini Kata Bupati Blora
SOLOPOS.COM - Pendaratan pesawat di Bandar Udara Ngloram di Kabupaten Blora, Provinsi Jawa Tengah, beberapa waktu lalu. (Antaranews.com)

Solopos.com, BLORA — Bandara Ngloram di Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, diminta kembali melayani rute penerbangan komersial. Menanggapi hal itu, Bupati Blora, Arief Rohman, pun sepakat. Kendati demikian, Bupati Blora meminta kepada maskapai yang melayani penerbangan komersial di Bandara Ngloram untuk tidak mematok harga tiket yang terlalu mahal.

“Semoga nanti tiketnya juga terjangkau. Tidak terlalu mahal. Jika satu juta [rupiah] lebih, misalnya Rp1,4 juta atau Rp1,6 juga, maka banyak calon penumpang yang lebih memilih kereta api. Namun, jika bisa satu juta [rupiah] atau kurang, maka pasar akan tumbuh positif. Semoga ada kesepakatan harga yang kompetitif,” ujar Bupati Blora dikutip dari laman jatengprov.go.id, Jumat (30/9/2022).

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Bandara Ngloram sebenarnya sudah pernah melayani rute penerbangan komersial. Meski demikian, penerbangan komersial itu terhenti karena Bandara Halim Perdanakusuma ditutup akibat renovasi.

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, pun meminta agar penerbangan komersial di Bandara Ngloram Blora kembali dibuka. Bahkan, Menhub meminta agar maskapai penerbangan yang melayani bisa membuka penerbangan tiga kali dalam sepekan.

“Memang kemarin penerbangan sempat terhenti karena Bandara Halim Perdanakusuma sedang direnovasi. Saat ini, seiring dengan selesainya renovasi, kami minta penerbangan dari dan menuju Ngloram, via Halim Perdanakusuma bisa dibuka kembali. Tiga kali sepekan ya, sepakat?” ujar Menhub saat memimpin rapat koordinas dengan Dirjen Perhubungan Udara, Staf Khusus Menteri, para bupati dan stakeholder kawasan Blora, Bojonegoro, Rembang, Tuban, dan Grobogan, di kantornya, Kamis (29/9/2022).

Baca juga: Diresmikan Presiden Jokowi, Tiga Bandara Ini Masih Sepi dari Penumpang

Menhub juga meminta pemerintah daerah di sekitar Bandara Ngloram bisa saling mendukung untuk terselenggaranya penerbangan komersial di Bandara Ngloram. Kendati demikian, kapan waktu penerbangan komersial di Bandara Ngloram kembali dibuka, Bupati Blora mengaku masih menunggu tahapan penyiapan izin pembukaan penerbangan dan lainnya.

“Kita inginnya secepatnya, tapi tetap harus melalui proses sesuai aturan penerbangan. Semoga saja semuanya lancar,” ujar Bupati Arief.

Bandara Ngloram di Cepu Blora dibangun pada 1980-an dan sempat beroperasi hingga 1984. Kemudian pada tahun 2018, bandara ini dilakukan renovasi dengan anggaran mencapai Rp80 miliar dan selesai pada 2021.

Baca juga: Resmikan Bandara Ngloram di Blora, Ini Harapan Presiden Jokowi

Bandara Ngloram pun diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 17 Desember 2021. Meski demikian, bandara itu saat ini terkesan mangkrak karena tidak ada jadwal penerbangan.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode