SOLOPOS.COM - Foto Ilustrasi Bandara (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Foto Ilustrasi Bandara
JIBI/Harian Jogja/Antara

KULONPROGO–Warga Kulonprogo meminta pemerintah sesegera mungkin memberikan informasi yang rinci tentang pembangunan bandara di wilayah itu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Adapun Sumiyati, 29, warga Dusun Kretek, Desa Glagah, Kecamatan Temon mengaku mereka butuh informasi dari pemerintah sesegera mungkin terkait bandara.

Dia mengaku ada lahan tegalan hasil warisan tapi belum memiliki gambaran negosiasi harga seandainya di wilayah itu masuk dalam proyek bandara.

Sedangkan Lembaga Kepedulian Sosial Desa meminta sosialisasi rencana pembangunan bandara di Temon segera dilakukan. Mereka siap mendampingi dalam proses negosiasi lahan.

Ketua KSD, Kamardi mengatakan derasnya informasi terkait rencana pembangunan bandara di Kulonprogo membuat masyarakat di kawasan pesisir Temon kebingungan. Karena itu, para pihak yang berkepentingan diminta segera melakukan sosialisasi kepada warga.

“Karena itu kami minta segera terjun ke masyarakat untuk menggelar sosialisasi,” kata dia.

Hingga saat ini Pemkab belum bisa memastikan berapa jumlah KK yang akan tergusur berkenaan dengan proyek itu. Sekretraris Daerah (Sekda) Kulonprogo, Astungkoro menyatakan saat ini masih sulit memastikan berapa jumlah KK yang terkena imbas bandara.

“Belum sampai hitungan berapa jumlah yang terkena imbas,” kata Sekda Kulonprogo Astungkoro, Rabu (29/5).

Sebelum muncul angka 165 KK, tahun lalu Pemkab pernah merilis sebanyak 419 KK yang akan terkena proyek.

Menurut Astungkoro, tahapan realisasi pembangunan bandara antara lain, Angka Pura (AP) I akan membuat licence officer di Jogja. Tujuannya untuk mendekatkan dan menyelesaikan secara serius teknis pembangunan bandara di Kulonprogo.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya