SOLOPOS.COM - Sejumlah rumah yang masih dilakukan proses pembangunannya, di kompleks relokasi warga terdampak pembangunan New Yogyakarta International Airport, Desa Glagah, Jumat (22/9/2017). (Uli Febriarni/JIBI/Harian Jogja)

Bandara Kulonprogo, pembersihan lahan ditarget akhir bulan depan.

Harianjogja.com, KULONPROGO — PT Angkasa Pura I menargetkan tahap land clearing atau pembersihan lahan selesai dilakukan pada akhir Oktober 2017. Namun, hal itu hanya dapat tercapai jika semua warga terdampak segera meninggalkan kawasan pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca Juga : BANDARA KULONPROGO : Dulu Disisakan, Sekarang Diharapkan Ikut Dibebaskan Semua
Project Manager Pembangunan NYIA PT Angkasa Pura I, Sujiastono mengatakan kegiatan pembersihan lahan yang dimulai sejak pekan kedua Agustus lalu masih terus berjalan. Pihaknya saat ini mengutamakan area yang disiapkan sebagai air side atau kawasan udara yang mencakup landasan pacu dan jalur parkir pesawat.

“Daerah air side itu sekarang lagi kita kebut,” ujar Sujiastono, Kamis (28/9/2017).

Sujiastono memaparkan rangkaian pengerjaan pembangunan fisik dilakukan secara bertahap dan simultan. Dia sebenarnya menyayangkan warga terdampak yang belum pindah dengan berbagai alasan. Padahal surat perintah pengosongan lahan sudah dikeluarkan sejak tiga pekan lalu. PT Angkasa Pura I juga sudah melayangkan surat peringatan hingga tiga kali untuk mengingatkan jika warga terdampak hanya punya waktu sampai Jumat (22/9/2017) pekan kemarin.

Kendati belum semua warga pindah, pembersihan lahan tetap dilanjutkan dengan berusaha menyesuaikan kondisi di lapangan. Meski begitu, Sujiastono menyatakan tidak ada toleransi khusus untuk daerah air side.

“Kalau itu memang harus segera dikerjakan, ya saya bongkar,” katanya menegaskan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya