SOLOPOS.COM - Peletakan batu bata pertama NYIA (Desi Suryanto/JIBI/Harian Jogja)

Mei, vendor konstruksi fisik NYIA sudah ada.

Harianjogja.com, KULONPROGO–Penyelenggara proyek New Yogyakarta International Airport (NYIA), PT Angkasa Pura I (PT AP I) menargetkan sudah mendapatkan penyedia jasa pengerjaan konstruksi fisik NYIA pada Mei 2018. Setelah pemenang lelang diumumkan, pekerjaan fisik NYIA bisa segera dilakukan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Juru Bicara Proyek Pembangunan NYIA PT AP I, Kolonel Pnb Agus Pandu Purnama mengatakan lelang pekerjaan fisik akan digelar dalam waktu dekat sesuai prosedur yang berlaku. Beberapa waktu lalu, telah digelar aanwijzing (penjelasan lelang) atas proyek tersebut di hadapan sejumlah perusahaan konstruksi dari kalangan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

“Sementara ini kami masih pakai anggaran AP I dengan sinergi BUMN untuk pelaksanaannya. Sepertinya nanti sejumlah BUMN akan bersinergi untuk bekerja sama dalam proyek ini,” kata dia, Rabu (28/3/2018).

Pandu menambahkan, pekerjaan di lapangan akan langsung dilakukan, begitu pembersihan lahan (land clearing) tuntas di seluruh areal lahan yang telah dibebaskan. Proses land clearing sendiri diklaimnya sudah nyaris mencapai 100%, khususnya untuk airside, yang saat ini masih dilakukan proses penataan elevasi tanah dan pemadatan tanah dengan sistem dynamic compaction. Sementara itu untuk landside, land clearing telah mencapai 95%.

“AP I akan mencoba berkomunikasi dengan warga yang hingga kini masih bertahan di atas IPL, agar mereka segera meninggalkan lahan tersebut secara kondusif. Karena kami ingin sekali masyarakat memahami pentingnya program strategis nasional (PSN) ini untuk kepentingan lebih luas,” lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya