SOLOPOS.COM - Pembangunan parking stand baru di Terminal B Bandara Adisutjipto masih dalam proses yang rencananya ditargetkan selesai pada April-Juni 2017, Rabu (22/3/2017). (Holy Kartika N.S/JIBI/Harian Jogja)

Bandara Adisutjipto akan memiliki area parkir baru untuk pesawat

Harianjogja.com, SLEMAN — Terminal B Bandara Internasional Adisutjipto akan menambah dua parking stand baru. Penambahan parking stand pesawat ini akan menambah beberapa penerbangan baru dan ditargetkan tahun ini dapat mencapai delapan juta penumpang.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca Juga : BANDARA ADISUTJIPTO : 2 Parking Stand Baru Targetkan 8 Juta Penumpang

General Manager Angkasa Pura I, Agus Pandu Purnama mengungkapkan selama ini hanya ada delapan parking stand yang dioperasikan di Terminal A dan Terminal B. Parking stand nomor 5, sampai saat ini tidak dapat dioperasikan karena lokasinya berada di depan taxiway.

Selain dibangun dua terminal baru ini, lanjut Pandu, taxiway di Terminal A akan dipindahkan ke sisi selatan di dekat parking stand di Terminal B. Sehingga, nantinya parking stand nomor 5 itu dapat dioperasikan lagi.

“Jadi total nanti ada 11 parking stand yang akan dioperasikan Bandara Adisutjipto, dua parking stand baru dan satu lagi parking stand lama yang diaktifkan lagi,” jelas Pandu, Rabu (22/3/2017) malam seusai menghadiri Inagural Penerbangan Perdana Sriwijaya Air Rute Jogja-Lampung.

Pandu menambahkan dengan penambahan dua parking stand ini tentunya akan meningkatkan jumlah penumpang di Bandara Adisutjipto. Jika tahun 2016 jumlah penumpang dapat mencapai 7,2 juta orang, maka dengan penambahan dua parking stand jumlah penumpang tahun ini akan naik menjadi 7,7 juta sampai 8 juta orang.

Peningkatan penumpang ini juga tidak hanya akan terwujud dengan adanya parking stand baru. Pandu mengungkapkan penambahan jam operasional bandara yang ditargetkan direalisasikan pada Juni mendatang juga akan semakin menambah jumlah penumpang di bandara ini.

“Jam operasional tambahan itu bisa menambah 46 slot pesawat. Kalau sekarang ini ada 156 penerbangan, dengan penambahan itu bisa mencapai lebih dari 196 penerbangan di tahun ini. Slotnya akan sangat longgar, karena paling tidak per jam itu bisa 14 pesawat yang parkir,” papar Pandu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya