SOLOPOS.COM - Pengelola Perkumpulan Penyelenggara Jasa Boga Indonesia menyiapkan bancakan gudangan untuk warga di depan Omah Sinten Heritage Hotel dan Resto, Sabtu (12/3/2022). Bancakan untuk menyambut Jumenengan Mangkunagoro X. (Solopos-Siti Nur Azizah)

Solopos.com, SOLO — Masyarakat turut menyambut acara penobatan takhta Mangayubagyo Jumenengan Dalem KGPAA Mangkunagoro X di Pura Mangkunegaran Solo, Sabtu (12/3/2022) pagi.

Terpantau suasana di sepanjang jalan depan Pura Mangkunegaran yakni Jl. Diponegoro atau kawasan Ngarsopuro ramai lancar dan tidak ada kemacetan selama acara jumenengan berlangsung. Di depan Resto Omah Sinten berjejer prajurit yang menyambut tamu undangan.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Mayor Haristanto, salah satu penginisiasi prajurit untuk menyambut para tamu acara jumenengan. “Jadi ini antusiasme warga menyambut penobatan penerus Mangkunagoro yang ke X. Ini prakarsa warga di luar pagar, karena inilah cara kami untuk menyambut tamu agung, karena akan berjajar 40 prajurit berjajar disini sebagai pagar bagus,” katanya.

Baca juga: Jumenengan Mangkunagoro X Dimulai, Jokowi Kirim Karangan Bunga

Dia menjelaskan semua prajurit adalah relawan warga masyarakat, bukan hanya warga Keprabon, tetapi dari semua penjuru Kota Solo. “Kami ingin menyambut, membuktikan bahwa Solo ini kota ramah, kota yang hangat, kota yang peduli,” kata Mayor.

Menurut dia, prajurit berjejer menunggu kehadiran Presiden Joko Widodo (Jokowi). “Kami ingin menunjukkan bahwa warga Solo sangat merindukan Pak Jokowi, sangat mencintai Pak Jokowi, jadi pagar bagus adalah simbolis,” ucapnya.

Sementara itu, di sepanjang jalan depan Pura Mangkunegaran berjejer karangan bunga dari beberapa instansi dan pejabat, seperti Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso; H. Garenf S. Haryanto MT, Ketua Kadin Solo; Persis Solo; Swiss Bell Hotel, dan sebagainya.

Baca juga: Sebelum Jumenengan, Bhre Cakrahutomo Nyekar ke Makam Mangkunagoro I-IX

Pagi ini, di depan Omah Sinten Heritage Hotel dan Resto diselenggarakan bancakan gudangan yang merupakan sumbangan dari Perkumpulan Penyelenggara Jasa Boga Indonesia. “Sumbangan gudangan dari Perkumpulan Penyelenggara Jasa Boga Indonesia, dan juga ada jajanan pasar dari Omah Sinten Heritage Hotel dan Resto,” ucapnya.

Harapan Warga

Salah satu warga yang hadir di acara bancakan gudangan, Imam Subekti, mengharapkan semoga dengan dinobatkannya Mangkunagoro X dapat menjadi penerus Mangkunagoro yang amanah.

“Saya yang sebagai warga luar hanya mengharapkan agar Mangkunegaro X ini memimpin dengan amanah,” ucapnya sembari menikmati gudangan.

Baca juga: Jelang Jumenengan MN X, Ini Foto-Foto Persiapan di Mangkunegaran Solo

Seperti diketahui, GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo ditunjuk sebagai penerus kepemimpinan di Pura Mangkunegaran sebagai Mangkunagoro X dan jumenengan dilakukan hari ini, Sabtu (12/3/2022). Bhre menggantikan ayahnya, KGPAA Mangkunagoro IX, yang meninggal dunia pada 13 Agustus 2021. Bhre yang merupakan alumnus Universitas Indonesia adalah figur muda berusia 24 tahun dan masih lajang.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya