SOLOPOS.COM - Ilustrasi. Ban Tubeless. (Suzuki.co.id)

Solopos.com, SOLO — Sepeda motor saat ini banyak yang menggunakan ban tubelles dengan sejumlah pertimbangan. Salah satunya ketika bocor tidak langsung kempes.

Kendati demikian ternyata ban tubeless yang dijuluki ban cukup awet ini sering kempes. Ternyata penyebab kempes ada beragam, seperti dikutip dari Suzuki.co.id.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pentil Motor Kendor

Meskipun ban tubeless sering disebut juga ban anti bocor, ternyata pentil motor yang kendor bisa membuat ban kempes. Jadi perhatikan pentil tidak kendor.

Ekspedisi Mudik 2024

Bocor Halus

Ban tubeless bocor halus bisa disebabkan saat motor berjalan di daerah yang tidak rata, tertancap batu atau kerikil yang cukup tajam.

Pasir terselip di pelek

Pasir yang terselip dan mengisi antara ruang ban dan pelek, jika tidak dibersihkan maka akan menimbulkan celah yang bisa membuat udara perlahan keluar.

Baca juga: Kolaborasi Michelin Dan Hyundai Merancang Ban Mobil Listrik

Pelek bengkok

Pelek bengkok juga bisa menjadi penyebab kenapa ban tubeless sering kempes. Karena ada celah antara pelek dan ban yang bisa menyebabkan angin keluar secara perlahan.

Ban sudah botak

Selain rawan kempes bahkan bocor, ban tubelles yang sudah botak sangat berbahaya karena licin. Bahkan ketika kena panas, rentan meletus.

Baca juga: Ditawarkan di Media Sosial, Apakah Beli Motor STNK Only Aman?

Paku menancap di ban

Ban tubeless sering kempes bisa disebabkan karena adanya paku yang menancap. Tusukan paku tersebut akan menyisakan celah yang membuat angin di dalam ban keluar.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya