SOLOPOS.COM - Festival Balon Udara akan digelar di Desa Kemuning, Ngargoyoso. Kabupaten Karanganyar seperti di Wonosobo. (Antara)

Solopos.com, KARANGANYAR — Balon udara yang akan diterbangkan dalam Festival Balon Udara di Desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, tidak akan dilepaskan ke udara. Balon-balon tersebut akan diikat ke tanah dengan ketinggian maksimal 12 meter tak perlu takut kabur terbawa angin entah ke mana.

Camat Ngargoyoso, Wahyu Agus Pramono, mengatakan keputusan untuk tetap mengikat balon udara mempertimbangkan keamanan dan keselamatan semua pihak. “Jadi nanti balonnya tidak dilepas begitu saja, tapi diikat ke tanah. Tinggi balon juga dibatasi maksimal 12 meter,” ujarnya, Senin (7/11/2022).

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Sementara itu, penerbangan balon udara juga akan dilakukan pagi hari pukul 06.00 WIB. Alasannya, pada pagi hari embusan angin tidak terlalu kencang sehingga memperlancar penerbangan balon udara.

Penerbangan balon ini juga dilakukan oleh kru ahli yang sudah berpengalaman menanganinya. Mereka juga akan dibantu panitia lokal untuk ikut memegangi balon agar bisa naik ke udara dengan baik.

Baca Juga: Festival Balon Udara Kemuning Karanganyar Digelar Bulan ini, Catat Tanggalnya

“Balon udara akan diterbangkan Sabtu [19/11/2022) pukul 06.00 WIB pagi oleh tim ahli khusus dan dibantu panitia. Satu balon akan dipegangi oleh tujuh orang. Setelah naik, balon yang terikat ini akan dibiarkan mengudara selama dua hari,” imbuh Camat.

Jarak antarkaki masing-masing balon udara 6 meter untuk menghindari balon saling bertabrakan atau tali berkaitan saat terempas angin. Wahyu menyebutkan festival balon udara akan digelar di area pendaratan paralayang. “Insya Allah jadinya di area landing paralayang,” sambung Camat.

Seperti diberitakan sebelumnya, warga Desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar memastikan menggelar festival balon udara. Kegiatan unik tersebut akan diadakan selama dua hari, Sabtu dan Minggu (19-20/11/2022).

Baca Juga: 28 Balon Tradisional Warnai Peringatan Sumpah Pemuda Tingkat Jateng di Wonosobo

Untuk lokasi penerbangan balon udara tersebut ada dua lokasi pilihan, yakni Lapangan Desa Kemuning dan area pendaratan paralayang.

Salah satu panitia acara, Eko Wuryanto, mengatakan festival balon udara tersebut sedianya digelar Sabtu-Minggu (5-6/11/2022). Namun karena pada hari tersebut ada acara besar komunitas trail di Kemuning, maka festival balon udara ditangguhkan menjadi 19-20 November.

Ia menambahkan, rencananya ada sekitar 20 balon udara yang diterbangkan. Balon-balon udara ini juga yang digunakan pada acara serupa di Wonosobo, beberapa waktu lalu. “Ini juga kami bekerja sama dengan penyelenggara acara festival balon udara yang di Wonosobo itu,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya