SOLOPOS.COM - Syuriah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur K.H. Mutawakil Alallah. (ANTARA/HO-Dokumen pribadi)

Solopos.com, SURABAYA — Wakil Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur, KH Abdussalam Shohib, mengkritik Erick Thohir yang menjadi Ketua SC 1 Abad NU. Bukan hanya itu, kiai yang akrab disapa Gus Salam itu juga dikritik soal spanduk berisi ucapan selamat Harlah 1 Abad NU dengan foto Erick Thohir.

Atas kritikan tersebut, Wakil Rais Syuriah PWNU Jatim, KH Mutawakil Alallah, menegaskan bahwa pernyataan Gus Salam itu merupakan opini pribadi dan bukan mewakili organisasi.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Pernyataan Gus Salam itu pribadi, tidak mewakili PWNU,” kata Mutawakil, Kamis (2/2/2023).

Dia menegaskan seharunya sebagai seorang ulama lebih mengedepankan husnudzon atau berprasangka baik bukan suudzon atau prasangka buruk.

Ekspedisi Mudik 2024

Kiai Mutawakil mengatakan jika prasangka baik maka salah pun dapat pahala. Namun, jika prasangka buruk yang dikedepankan, maka jika ada kesalahan dalam prasangka itu maka sama dengan mengadu domba.

“Kalau suudzon itu adu domba, menebarkan fitnah dan itu dosa besar,” katanya.

Apalagi, kata dia, yang difitnah adalah ketua panitia 1 Abad NU yang telah bekerja keras untuk menyelenggarakan peringatan tersebut.

“Setiap manusia yang berjuang itu pasti menghadapi pro dan kontra. Rasul-pun dulu juga begitu. Tapi kalau ada spanduk bergambar Pak Erick ya itu sah-sah saja. Jangan kemudian suudzon berprasangka buruk,” ujarnya.

Sekadar diketahui sebelumnya beredar spanduk bergambar Erick Thohir memberi ucapan selamat Harlah 1 Abad NU. Spanduk tersebut mendapat kritik dari wakil ketua PWNU Jatim Abdussalam Shohib.

Beri Ucapan Selamat

Sementara itu, Wakil Ketua Umum PBNU, Nusron Wahid, mengatakan siapa pun boleh memberi ucapan selamat terkait peringatan 1 Abad NU.

“Tidak usah berlebihanlah. Siapa pun boleh kasih ucapan selamat dalam bentuk spanduk, baliho, umbul-umbul, ataupun di media sosial berkaitan dengan pelaksanaan Peringatan 1 Abad NU,” ujar Nusron dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Hal tersebut juga dia sampaikan terkait dengan adanya beberapa pihak yang menanggapi secara berlebihan banyaknya baliho ucapan selamat 1 Abad NU dari Menteri BUMN Erick Thohir.

Menurut Nusron, keberadaan baliho dari Erick itu bukan merupakan hal yang aneh karena dia diamanahi oleh PBNU untuk menjadi Ketua Steering Committee (SC) Pelaksanaan Rangkaian Kegiatan Peringatan 1 Abad NU.

Dalam kapasitasnya sebagai Ketua Steering Comitee itu, lanjut Nusron, Erick sudah banyak berperan dan membantu pihaknya, baik dari sisi jejaring pelibatan pihak lain yang memberikan kontribusi maupun mengakselerasi program-program pemerintah dengan NU.

“Jadi, tidak aneh kalau Pak Erick pasang spanduk, apalagi spanduknya itu dengan nada ucapan selamat dan simpatik, bukan imbauan yang negatif,” ujar Nusron.

Dengan demikian, Nusron menekankan siapa pun boleh memberikan ucapan selamat peringatan 1 Abad NU, apalagi Erick merupakan Ketua Steering Committee.

“Masa Ketua SC enggak boleh kasih ucapan selamat. Bupati, gubernur, presiden, anggota DPR, sampai agama lain pun kasih ucapan selamat. Jadi, ini bukan masalah besar dalam konteks berjam’iyyah NU,” ujar mantan Ketua Umum Gerakan Pemuda (GP) Ansor itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya