SOLOPOS.COM - Suasana vaksinasi massal di PDAM Kota Jogja pada Senin (16/8). (Harian Jogja/Yosef Leon)

Solopos.com, JAKARTA – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengungkap sejumlah provinsi di Indonesia masih berada di tingkat penularan tinggi corona. Bali dan D.I. Yogyakarta masuk kelompok ini.

Laporan WHO tersebut tertuang dalam Situation Report-68 yang dirilis oleh WHO pada Kamis (19/8/2021). Situation report ini rutin dirilis setiap pekan oleh WHO.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca: Ini Saran WHO buat Indonesia saat Covid-19 Menggila – Solopos.com 

“Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kepulauan Bangka Belitung, D.I. Yogyakarta, Bali, dan Sulawesi Tengah tetap berada di level tertinggi penularan komunitas (CT4) dalam kasus mingguan Covid-19 per 100.000 populasi, jumlah mingguan yang terkonfirmasi,” tulis WHO dalam laporannya.

Dipercepat

Selain itu, tingkat kematian per 100.000 populasi masih tinggi. WHO menyarankan pembatasan tetap dilakukan dan vaksinasi corona dipercepat.

“Kematian Covid-19 per 100.000 populasi dan proporsi hasil tes positif berkisar antara 22% sampai 57%. Implementasi lanjutan dari penanganan kesehatan masyarakat dan pembatasan sosial (PHSM) dan percepatan vaksinasi diperlukan untuk mengurangi penularan Covid-19 dan kematian di provinsi ini dan provinsi lainnya,” lanjut WHO.

WHO juga menyoroti kasus corona yang turun tetapi dibarengi dengan penurunan jumlah tes.

Baca Juga: WHO: Varian Delta Telah Menyebar ke 80 Negara dan Terus Bermutasi 

Jumlah orang yang dites corona per 5-11 Agustus 2021 turun dibanding pekan sebelumnya.

“Jumlah kasus harian terkonfirmasi Covid-19 di Indonesia terus menurun. Namun, jumlah tes yang dilakukan di negara ini juga menurun. Selama sepekan, yakni 5-11 Agustus 2021, Satuan Tugas (Satgas) melaporkan bahwa jumlah orang yang diuji adalah 930.513: penurunan dari total 1.008.665 orang diuji selama pekan sebelumnya. Pada 18 Agustus, jumlah orang yang diuji per hari telah turun menjadi 78.626,” ungkapnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya